Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Mempertahankan Trafik Blog tetap Tinggi

Responsive Info Blog, trafik blogResponsive Info Blog. Mempertahankan trafik blog agar tetap tinggi adalah merupakan aktivitas utama seorang blogger yang concern dalam hal pengembangan blog yang telah dibuatnya. Mempertahankan trafik blog agar tetap tinggi dan stabil bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan, apalagi dengan adanya persaingan milyaran blog yang ada di internet dewasa ini. Trafik blog yang tinggi secara otomatis akan mampu mengangkat posisi serta eksistensi blog yang bersangkutan di mata pengunjung maupun search engine. 

Salah satu cara mempertahankan trafik blog yang tinggi adalah dengan melakukan update artikel-artikel blog yang berkualitas secara sistematis dan berkala dengan periode tertentu. Harus saya akui jika akhir-akhir ini trafik blog sedang mengalami beberapa penurunan secara umum (inipun dialami oleh beberapa blog aku yang lainnya), mengapa hal demikian bisa terjadi ? Jika saya analisis secara mendalam, maka besar kemungkinan penyebabnya adalah:

a. Saingan yang sudah menjamur dan semakin banyak
Saingan blog yang sudah semakin banyak dan menjamur memberikan pengaruh signifikan terhadap kemerosotan trafik blog kita jika tidak dikelola dengan baik. Hal itu juga ditandai dengan banyaknya blog professional yang berdiri dengan menggandeng banyak penulis melalui jasa review atau submit artikel (dibayar).

Selain itu, kualitas artikel serta bidikan keyword juga menjadi perhatian para pendiri blog-blog baru, maka dari itu jika kita tidak aktif dan selalu update artikel yang berkualitas, maka bukan tidak mungkin kalau kita akan ketinggalan jauh dengan mereka yang notabene blognya masih terbilang baru.

b. Algoritma mesin pencari seperti Google yang semakin ketat
Nah, ini dia salah satu penyebab mengapa trafik blog bisa merosot. Algoritma Google atau mesin pencari lainnya lebih mengutamakan kualitas artikel dan page view setiap konten. Semakin bagus kualitas yang ditinjau dari sisi informasi serta keaktifan pengunjung terhadap artikel tersebut memberikan pengaruh yang besar terhadap blog secara keseluruhan untuk peningkatan trafik.

c. Banyaknya perusahaan besar
Mengapa dengan perusahaan besar? Apa hubungannya dengan trafik blog? Kan tidak ada kaitannya !. Tentu pertanyaan ini menjadi titik tumpu kita semua, namun setelah saya amati, maka dapat dipastikan pengaruh terhadap trafik adalah pengalihan dan kesibukan pengunjung yang lebih fokus mencari perusahaan online besar seperti toko online, jasa online, travel online, berita online dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara mempertahankan trafik blog ?

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan, akan tetapi dengan banyak cara tersebut tentu akan banyak menguras tenaga dan waktu kita. So, What should I do?

1. Riset Keyword for Best Information
Untuk mengatasi sekaligus mempertahankan kestabilan blog, maka yang bisa kita lakukan adalah dengan memilih jenis keyword yang menjadi titik utama informasi untuk kelompok pengunjung atau keseluruhan pengunjung. Maksudnya bagaimana sih ?

Jika diilustrasikan secara teori, maka bisa saya ambil beberapa sample seperti tema kesehatan. Nah, anda bisa tu mencari keyword yang banyak dicari atau sedang dalam bagian informasi yang hangat diperbincangkan, seperti artikel yang bertemakan “Jerawat, Operasi, Wajah, Kecantikan” dan yang lain.

Untuk mengetahuinya, anda bisa menggunakan sistem Google seperti Google trends, Google Keyword atau pengguna terbanyak yang sering klik judul artikel di blog anda.

2. Only Update Original Content

Artikel yang selalu update minimal 1 minggu sekali dengan kualitas dan original akan membuat mesin pencari dan pengunjung terkagum-kagum. Saya ibaratkan anda mengetikkan sebuah judul “cara menghilangkan jerawat”, kemudian dari urutan 1 sampai 10 blog dengan konten yang hampir sama isinya, tentu hal itu akan membuat pengunjung sedikit jenuh jika mereka ingin mencari sesuatu yang fresh dan berbeda walaupun judulnya sama.

Maka dari itu, kita bisa memodifikasi atau membuat konten yang berbeda walaupun thema, judul serta gambaran besarnya sama. Kualitas dan originalitas konten merupakan salah satu upaya yang bisa kita lakukan agar trafik melonjak naik atau setidaknya trafik blog anda tetap stabil dan tidak merosot tajam.

3. The Capacity of the Article
Memperbanyak jumlah artikel memang sedikit sulit, apalagi jika artikel itu dibuat secara original dan berkualitas. Namun, hal ini adalah langkah atau jurus ampuh yang mampu meningkatkan trafik blog serta mempertahankan trafik blog anda agar tetap stabil. Jalan yang bisa anda tempuh mungkin dengan mengeluarkan sedikit dana untuk membayar jasa penulis lepas jika anda tidak sanggup dan sempat untuk menulis puluhan artikel setiap hari.

Selain itu, ternyata mempunyai banyak blog juga sangat mempengaruhi update artikel kita (bagi yang tidak pandai mengatur jadwal). Hal ini sudah saya rasakan, dan ternyata repot mas ngurusin banyak blog.

Nah, sebelum anda siap untuk mengelola banyak blog, maka pikirkan terlebih dahulu kemampuan anda jika blog ingin mendapat banyak trafik, sebab dengan mengurusi 1 atau 2 blog saja, tentu kita akan lebih fokus dan banyak waktu untuk update artikelnya setiap hari.

Lalu, apa yang sudah anda lakukan, hmm...! kalau saya sudah memulainya secara bertahap. Selanjutnya tugas kita hanyalah dengan mengundang sebanyak-banyaknya sesama teman untuk memberi tahu jika konten kita siap untuk dibaca dan dikritik. Semoga bermanfaat !

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger