Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Sistem Cara Kerja Google Search Engine

Blog Info pada artikel kali ini akan sedikit mengulas tentang dan seputar "Sistem Cara Kerja Google Search Engine" yang pada dasarnya merupakan sebuah pengetahuan umum tentang search engine. Pengetahuan ini cukup bagus sebagai bekal kita melakukan aktivitas di dunia blogging agar terhindar dari berbagai macam ancaman hukuman dari Google.

Mesin pencari yang sangat handal bernama Google, siapa yang tidak mengenal Google saat ini. Setiap hari kita semua menjadi saksi bagaimana kehebatan Google dalam melayani kita semua untuk mengakses berbagai informasi secara detail. Namun apakah anda semua tidak penasaran bagaimana Google mampu menyajikan hasil yang cocok dari triliunan halaman website yang tersedia hanya berdasarkan sebuah kata kunci (keyword) yang kita ketik.

Search engine melayani pengguna dengan menyajikan informasi yang spesifik sesuai yang mereka cari melalui website. Ini adalah tool yang sangat ampuh yang menawarkan hasil pencarian yang spesifik dan cepat bagi pengguna dengan memberikan informasi yang disimpan di website lain. Mereka memberikan kemudahan pada pengguna untuk mengakses informasi di berbagai website. Para pengguna cukup mengetik saja permintaan mengenai suatu informasi yang mereka cari dan sisanya adalah pekerjaan mesin pencari untuk memberikan hasil yang relevan.

Diantara beberapa mesin pencari yang tersedia di dunia internet, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan dan paling dominan diantara mesin pencari lain. Mesin pencari Google dimiliki oleh Google Inc. Pertama kali dibangun oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1997. Setiap hari ada lebih dari miliaran hit terjadi di website Google dari seluruh dunia, ini sudah cukup untuk menggambarkan kepada kita bagaimana populernya Google ini.

Info Blog, halaman utama google

Tampilan halaman utama Google sangatlah sederhana, bisa dilihat pada gambar di atas, Google cenderung berpenampilan simpel untuk memukau para penggunanya. Yang unik dari tampilan website ini adalah terkadang mereka merubah logo Google agar sesuai dengan hari-hari tertentu dan pada tanggal-tanggal tertentu, semisal tahun baru, atau perayaan hari besar agama. Biasa dikenal dengan Google Doodle.

Bagaimana Cara Kerja Google

Ada triliunan halaman web yang tersedia di web (google bahkan saat artikel ini dibuat menuliskan ada 60 trillion individual pages , dan itu akan terus bertambah), yang sebagian besar memiliki judul halaman sesuai yang diinginkan oleh pemilik/penulis nya. Mari kita lihat bagaimana Google mampu memberikan hasil pencarian yang luar biasa dari ratusan halaman web yang tersedia.

Mesin pencari Google menggunakan perangkat lunak yang biasa dikenal dengan istilah Spider atau Web Crawler untuk mencari data dari berbagai web.

Info Blog, software spider google

Software Spider atau Web Crawler adalah program yang dibuat agar berjalan otomatis yang menjaring website-website yang ada di internet dan mengambil data-data yang tersimpan di dalam miliaran website/situs tersebut dan menampilkannya ke halaman hasil pencarian berupa link menuju halaman-halaman website tersebut. Googlebot adalah istilah untuk software laba-laba yang digunakan oleh mesin pencari Google.

Mesin pencari dimulai dengan sebuah modul crawler dimana spider/crawler atau googlebot dikirim ke Web untuk menjelajah website-website yang ada. Spider memulai dengan mengambil beberapa halaman web, lalu mereka mengikuti link yang ada pada halaman tersebut dan mengambil halaman yang terkait dan sebagainya, jika anda penasaran bisa melihat contoh sederhana bagaimana kita bisa mendapatkan semua link yang ada pada website hanya dengan PHP.

Ada miliaran halaman yang tersimpan pada ribuan mesin. Spider mengekstrak data yang ada pada setiap halaman  dari setiap situs web dan menyimpan dalam repositori mereka. Kemudian data dikirim ke modul indexing, kemudian dipilah isi dari halaman tersebut dan mengekstrak elemen kunci seperti tag judul, tag deskripsi, data tentang gambar dan link internal. Pada dasarnya, modul indexing (pengindeksan) memberikan ringkasan yang benar-benar intisari dari setiap halaman web, seperti catatan-catatan tertentu. Kemudian data tesebut ditempatkan di dalam database yang disebut Index. Semua kegiatan tersebut berjalan terus sepanjang waktu meskipun permintaan dilakukan oleh user atau tidak. Googlebot akan terus mencari dan mengambil halaman yang dibolehkan (biasanya ada settingan allow dan disallow terhadap aktivitas googlebot ini, googlebot hanya akan mengambil yang dibolehkan oleh sang pemilik web, pengaturan tersebut biasanya dibuat di sebuah file bernama robot.txt).

Google juga akan memilah-milah website yang terindikasi melakukan aktifitas spam, ada beberapa ciri website yang akan dianggap spam oleh Google, diantaranya yang menyembunyikan teks dan memasang keyword dengan cara curang, website yang membuat konten secara otomatis (dilakukan robot) atau AGC (Auto Generate Content), Parked Domain, dan lain sebagainya.

Bagaimana Google Melakukan Pemeringkatan

Google mempekerjakan algoritma berbasis link untuk menentukan peringkat dari hasil pencarian. Untuk ini, Google akan melakukan pengecekan popularitas link (berapa banyak link yang dimiliki halaman tersebut, dalam arti ada berapa banyak link dari website lain yang mengarah ke halaman web tersebut), reputasi link yang mengarah pun diperhitungkan, apakah link yang mengarah ke halaman website tersebut datang dari website yang memiliki tingkat popularitas atau ranking yang tinggi juga atau tidak, jika tinggi akan lebih baik efeknya bagi halaman website tersebut, karena bisa menjadi pertimbangan Google untuk meningkatkan peringkat halaman web tersebut, oleh karena itulah banyak orang berlomba-lomba memperbanyak backlink dari website berkualitas menuju website mereka. Selain itu Google juga menilai apakah link tersebut relevan dengan subjek dari halaman web tersebut dan berbagai faktor lain yang pada akhirnya menentukan pemeringkatan di hasil pencarian. Google menyebut mereka memiliki lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi ranking sebuah website. Google menyukai website yang fresh dan selalu di update, konten berkualitas dan lain sebagainya.

Info Blog, cara pemeringkatan

Saat ini orang berlomba-lomba agar websitenya bisa ditemukan di mesin pencari, jika anda seorang pemilik website dan ragu website anda akan di jaring oleh software spidernya Google, anda bisa memasukan halaman website anda ke mesin pencari Google melalui Google Webmaster, permudah Google dengan membuat sitemap yang berisi link, judul dan tanggal pembuatan halaman, lalu masukan ke repositori Google melalui Google Webmaster.

Sumber Tulisan dan Gambar  :
http://www.jurnalweb.com/bagaimana-cara-kerja-mesin-pencari-google/
Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger