Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Responsive Blog, seputar template blog/website

Responsive BlogResponsive Blog dalam artikel ini akan mengupas salah satu istilah dalam dunia blogger yang wajib menjadi pemahaman pertama bagi seorang blogger, yaitu tentang dan seputar "template" blog/website. Template blog ini pada dasarnya merupakan sebuah fondasi atau bangunan utama bagi sebuah blog/situs maupun sebuah website. Mustahil akan muncul sebuah blog/situs/website bilamana tidak memiliki apa yang disebut dengan "template" ini, karena semua yang ada dalam sebuah blog/situs atau website ini, baik yang berupa artikel, iklan, widget atau yang lain-lain selalu diletakkan dalam sebuah kerangka bangunan yang biasa disebut dengan "template". Ibarat sebuah institusi, "template" inilah yang merupakan sebuah bangunan kantor utamanya.

Apa sih sebenarnya "template" blog itu ? Pengertian "template" blog atau website adalah merupakan suatu desain-desain halaman blog ataupun website beserta seluruh komponennya (misal : gambar, stylesheet, dan sebagainya) baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai sebuah aplikasi web. Seperti yang anda lihat di Responsive Blog saat ini, bahwa terlihat suatu tatanan sistematis dari berbagai macam gambar serta tulisan (artikel/konten) di layar monitor anda, itulah yang dinamakan "template" blog atau website.

Di dalam platform blogger atau blogspot, anda akan dapat dengan mudah mengganti template blog anda secara leluasa sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing. Jika anda telah mahir membuat template sendiri, maka anda dapat menggunakan template tersebut untuk blog anda sendiri. Namun, jika anda masih awam dalam hal pembuatan template (seperti saya ini), pihak blogger atau blogspot sendiri telah menyediakan beberapa model template blog yang bisa anda pilih sesuai dengan selera atau keinginan anda sendiri.

Baca juga : Struktur Dasar Template sebuah blog.

Macam-macam template blog/website.

Di dalam dunia blogger atau website, dikenal bermacam-macam model dan bentuk template ini, mulai dari yang simple hingga yang cukup rumit semacam model "magazine template". Disamping itu ada pula yang dikenal dengan istilah SEO Friendly sampai kepada Responsive Template (semacam yang sedang anda lihat sekarang ini).

Template SEO Friendly
Template SEO Friendly adalah merupakan sebuah model template blog yang dibuat atau dirancang sedemikian rupa oleh si ahli SEO dengan tujuan agar setiap artikel blog/situs yang menggunakan model template ini nantinya mampu bersaing dengan artikel-artikel blog/situs orang lain dalam suatu hasil penelusuran search engine. Maksud dari bersaing itu sendiri yaitu perebutan sportif untuk meraih posisi teratas pada Search Engine atau hasil penelusuran mesin pencari berdasarkan suatu kata kunci (keyword) yang sama. Model template SEO Friendly ini pada dasarnya dipasang sebuah script-script HTML khusus untuk memudahkan serta mempercepat proses crawling oleh mesin pencari, terutama Google Search Engine.

Responsive Template
Model Responsive Template ini akan mudah terlihat pada tampilannya, template responsive akan membuat sebuah blog/situs enak dilihat bila dibuka (diakses) dengan mempergunakan prangkat mobile atau smartphone. Dan setelah Responsive Blog melakukan sebuah penelitian kecil-kecilan apakah template responsive akan mempengaruhi posisi blog pada mesin pencari, jawabannya ternyata "iya". Template yang responsive akan membuat artikel-artikel sebuah blog/situs menjadi lebih tinggi posisinya pada hasil pencarian oleh mesin pencari ( Versi Mobile ) bila dibandingkan dengan artikel-artikel sebuah blog/situs yang tidak mempergunakan jenis responsive template.

Kiranya sampai di sini dulu pembahasan tentang dan seputar template blog/website ini, dan berkaitan dengan hal Responsive Template akan dibahas secara menyeluruh pada artikel-artikel mendatang.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 comments

Mantap mas bro, membantu sekali artikel ini

Balas

Sama-sama agan

Balas

Mantap gan, aku juga baru ganti dengan responsive template

Balas

Sebuah uraian yang lengkap, dapat menambah wawasan dalam kegiatan blogging

Balas

Uraian yang mantap, cukup jelas, dapat menambah wawasan baru

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger