Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Struktur Dasar Template sebuah Blog

Blog Info, template blog
Blog Info. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang Struktur Dasar Template sebuah Blog, yang pada dasarnya merupakan pengetahuan fundamental bagi seorang blogger agar dapat sukses mengembangkan blognya di masa-masa yang akan datang. Pengetahuan tentang struktur dasar template blog ini dapat kita jadikan bekal untuk memodifikasi tampilan-tampilan blog yang kita miliki agar dapat lebih user friendly.

Pada dasarnya sebuah template yang diusung blogger semuanya merupakan kumpulan dari beberapa widget. Untuk membuktikannya silahkan anda membuka blogger anda, kemudian menuju tata letak. Itu semua merupakan kumpulan widget yang membangun sebuah blog dengan platform blogger. Mulai dari header, body, sidebar hingga footernya pun menggunakan sebuah widget.

Berikut ini merupakan kerangka kode-kode html yang membangun sebuah blog ataupun website :

    <html>
      <head>
        <title>Judul Blog</title>
      </head>
      <body>
      </body>
    </html>

Dari struktur html yang sederhana ini kemudian dikembangkan hingga terbentuklah sebuah website. Oke sekarang kita langsung menuju ke topik utama kita.

Struktur Template Blogger

Untuk menjelaskan struktur bogger kita akan memulainya dari struktur yang paling atas. Hal yang paling istimewa dari blogger adalah kita harus mendeklarasikan XML (eXtensible Markup Language). Untuk deklarasi XML pada blogger bisa kita lihat pada bagian template paling atas. Berikut deklarasi xml bawaan blogger.

    <?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
    <!DOCTYPE html>
    <html xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>


Element Head

Pada element head terdapat 3 element penting yakni untuk penempatan tag meta, Javascript maupun CSS yang mepercantik template nantinya.

1. Tag Meta

Berikut bentuk tag meta bawaan template blogger.

    <meta expr:content='data:blog.isMobile ? &quot;width=device-width,initial-scale=1.0,minimum-scale=1.0,maximum-scale=1.0&quot; : &quot;width=1100&quot;' name='viewport'/>
    <b:include data='blog' name='all-head-content'/>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>

Nah terlihat pada element diatas bahwa kita mendeklarasikan tag meta all-head-content. Artinya disini kita memakai tag meta otomatis. Jika kita urai lagi tag meta tersebut akan jadi seperti ini :

    <meta content='blogger' name='generator'/>
    <link href='http://sinaubvo.blogspot.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>
    <link href='http://sinaubvo.blogspot.com/' rel='canonical'/>
    <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="titleblog - Atom" href="http://alamatblog.blogspot.com/feeds/posts/default" />
    <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="titleblog - RSS" href="http://alamatblog.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss" />
    <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="sinau - Atom" href="http://www.blogger.com/feeds/2782597362504709953/posts/default" />
    <link rel="openid.server" href="http://www.blogger.com/openid-server.g" />
    <link rel="openid.delegate" href="http://alamatblog.blogspot.com/" />

Wah banyak juga ya, hehe. Untuk pengoptimalan tag meta insyaallah nanti akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Selain deklarasi all-head-content kita juga melihat deklarasi title blog kita. Inilah elemen yang mendeklarasikan judul blog : <title><data:blog.pageTitle/></title>

2. CSS (Cascading Style Sheet)

Cascading Style Sheet (CSS) merupakan aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman menurut wikipedia.org. Secara gampangnya CSS merupakan daging yang membentuk tubuh, jadi kurus maupun gemuk yang mengatur adalah CSS. Berikut contoh CSS pada template standart :

    <b:skin>
    body {
      font: $(body.font);
      color: $(body.text.color);
      background: $(body.background);
      padding: 0 $(content.shadow.spread) $(content.shadow.spread) $(content.shadow.spread);
      $(body.background.override)
    }
    
    html body $(page.width.selector) {
      min-width: 0;
      max-width: 100%;
      width: $(page.width);
    }
    </b:skin>


3. Javascript

Nah selain CSS dan tag meta, biasanya pada element head juga dijadikan tempat untuk meletakkan javascript. Berikut salah satu contoh java script yang biasanya diletakkan diatas head.

    <script type="text/javascript" src="http://libs.baidu.com/jquery/1.8.3/jquery.min.js?ver=1.0"></script>

Nah script diatas dinamakan jQuery dan biasanya digunakan untuk menjalankan back to top, dropdown menu dll. Sebenarnya kita bisa meletakkan script pada body, namun ada script – script tertentu yang tidak bisa kita masukkan kedalam element body dan mau tidak mau harus kita tempatkan pada element head.


Elemen Body

Pada element body inilah kerangka dan struktur template blog di bentuk. Ibarat kata elemen ini yang membentuk rangka template  :). Ada banyak sekali element – elemet yang ada didalam body. Seperti kerangka manusia pada umumnya, struktur yang membangun body antara lain :

1. Header

Header merupakan komponen paling atas dari sebuah template. Disinilah tempat untuk menaruh judul blog maupun deskripsi blog. Untuk desainer template tingkat lanjut mereka bisa memanfaatkan lahan diheader untuk memasang iklan dll. Berikut html sederhana pembangun header :

    <b:section class='header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='no'>
    <b:widget id='Header1' locked='true' title='Title Blog (Header)' type='Header'/>
    </b:section>

Dari susunan html diatas terlihat bahwa header merupakan widget yang dikunci, jadi jika agan lihat pada tata letak header tidak bisa dihapus karena telah dikunci.

2. Navbar

Sebenarnya navbar ini terdapat pada bagian atas juga. Bahkan letaknya diatasnya header, navbar sendiri berfungsi untuk mempermudah kita log out dari blogger maupun ketika mau mengedit ulang template. Namun untuk template yang sudah dimodifikasi biasanya navbar sudah di hidden. Berikut srtuktur navbar yang saya maksudkan :

    <b:section class='navbar' id='navbar' maxwidgets='1' showaddelement='no'>
    <b:widget id='Navbar1' locked='true' title='Navbar' type='Navbar'/>
    </b:section>

3. Main Blog

Main atau biasanya kita sebut blog post. Dari penjelasan singkat saja sudah jelas disini tempat dimana postingan kita akan ditamplkan :D. Kerangka pembangun Main (blog posting) sangat banyak mulai dari judul posting, tanggal posting, sampai kotak komentar semuanya ada disini. Kode html pembangung Main blog/ blog posting :

    <b:section class='main' id='main' showaddelement='no'>
      <b:widget id='Blog1' locked='false' title='Blog Posts' type='Blog'/>
    </b:section>

Kalau agan lihat sendiri pasti banyak sekali element pembangun blog post ini.

4. Sidebar

Sidebar itu ibarat tangan manusia. Di element sidebar inilah biasanya orang menempatkan popular post, label, hingga iklan. Kode html pembangun sidebar yaitu :

    <b:section class='sidebar' id='sidebar' preferred='yes'/>

5. Footer

Footer merupakan element yang paling bawah pada struktur tempate blogger. Disini orang biasanya menaruh credit templatenya. Kode html pembangun footer yaitu :

    <b:section class='footer' id='footer' showaddelement='no'>
      <b:widget id='Attribution1' locked='false' title='' type='Attribution'/>
    </b:section>

Demikianlah uraian tentang Struktur Dasar Template sebuah blog, semoga bermanfaat sebagai tambahan pengetahuan.


Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger