Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Standart Umum Backlink yang Berkualitas

Blog Info, backlink bannerBlog Info. Pada artikel ini saya akan mencoba untuk sedikit mengulas tentang Standart Umum Backlink yang Berkualitas sesuai dengan apa yang saya ketahui. Tentang validitas dan kebenarannya, seratus persen itu hak Google selaku pemiliki search engine kelas dunia. Banyak para blogger yang sudah membahas tentang backlink yang berkualitas ini, namun pembahasannya kurang mendalam. Sekali lagi itu menurut pendapat pribadi saya.

Backlink (Inbound Link) adalah tautan dari blog lain yang langsung mengarah ke blog kita atau bisa juga dikatakan sebagai alamat blog kita yang ada atau bertengger di blog lain.
A backlink is an incoming hyperlink that connects the web page or content to another website. Backlinks are very important when it comes to page ranking as Google rates them highly.

Pentingnya Backlink yang Berkualitas

Backlink berkualitas yaitu link-link blog kita yang ada di berbagai situs populer dan/atau banyak pengunjungnya. 10 backlink berkualitas akan mengalahkan 200 backlink berkualitas rendah.

Google hanya akan memperhitungkan backlink yang berasal dari situs-situs yang berkualitas ini. Backlink yang didapatkan secara ilegal (termasuk dalam hal ini backlink yang didapatkan dengan cara membeli) pada dasarnya hanya akan menyebabkan blog kita di-banned atau dipenalti.

Anda yang suka melakukan praktek-praktek spam di blog orang lain akan mudah terdeteksi oleh Google. Akibatnya, situs Anda pun akan kena sanksi Google, minimal akan sulit terindeks dan akan disimpan di peringkat bawah dari suatu daftar halaman sebuah hasil pencarian (SERP).


Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas sebuah Backlink

Relevansi
Relevansi merupakan faktor yang penting dalam hal pembuatan  sebuah backlink atau link building, link yang berasal dari sebuah web yang memiliki topik sama dengan web yang kita optimasikan link buildingnya tentu akan lebih bernilai dan berkualitas dibandingkan dengan link yang berasal dari website dengan topik isi yang berbeda. Sebagai contoh sebuah web yang memiliki link yang berasal dari sebuah website review layanan internet marketing di Indonesia, maka hal tersebut akan memberikan “signal” kepada search engine bahwa web tersebut merupakan web layanan internet marketing yang memberikan layanan di Indonesia.

Authority
Selain relevansi, authority sebuah web juga menjadi faktor penting dalam penentuan kualitas backlink. Link dari suatu web yang memiliki authority tinggi dan relevansi maksimal tentunya akan mendapatkan nilai lebih di hadapan search engine. Sehingga apabila kita memiliki sebuah website yang bertopik mengenai internet marketing, maka memiliki link yang berasal dari authority site di bidang internet marketing merupakan suatu keharusan, walaupun dalam hal ini search engine sendiri tidak memberikan data mengenai site-site yang ber-authority tinggi berdasarkan bidang tertentu dan hal inilah yang membuat proses link building berkualitas akan menjadi semakin rumit.

Trust
Trust atau faktor kepercayaan berbeda dengan authority. Authority secara awam dapat berarti website yang memiliki reputasi berdasarkan online branding. Website yang memiliki authority tinggi memiliki trust yang tinggi, namun web yang memiliki trust belum tentu ber-authority. Baik Google, Yahoo ataupun Seomoz dengan Mozranknya memiliki cara sendiri-sendiri dalam menilai trust rank suatu website. Salah satu faktor yang bisa digunakan untuk menganalisis trust rank sebuah website adalah faktor "bounce rate" dari site tersebut atau jumlah klik yang pointing out dari website tersebut.

Anchor text
Mesin pencari menggunakan anchor teks sebagai cara untuk memahami suatu link yang berada dalam sebuah web page. Dampak dari anchor teks sangat besar sekali, begitu besarnya hingga bisa membuat rangking web menjadi naik atau bahkan turun drastis.  Beberapa update algoritma yang dilakukan oleh Google akhir-akhir ini pun memiliki kaitan erat dengan anchor text ini. Anchor text dapat berupa branding, commercial keyword dan lain sebagainya.

Baca artikel tentang : Jangan sembarangan mencari backlink.

Bagaimana Search Engine Menggunakan Backlink Sebagai “Signal”

Indexing
Search engine harus memutuskan website yang pantas untuk ditampilkan di posisi teratas tampilan mesin pencari. Menemukan suatu halaman web berdasarkan link-link yang ada pada halaman web lain merupakan sistem yang dilakukan oleh robot-robot search engine (spider). Jenis dan nilai sebuah link seperti link juice dan sebagainya merupakan salah satu faktor search engine untuk menentukan keputusan tersebut.

Crawling
Robot-robot search engine melakukan aktivitas crawling setiap harinya, menentukan halaman web mana yang akan dicrawl oleh robot-robotnya. Google spider akan lebih mendahului dan mengutamakan web yang memiliki konten yang memiliki kualitas tinggi, juga berbanding lurus dengan frekuensi crawling. Setiap web yang memiliki page rank tinggi akan lebih sering dikunjungi dibandingkan dengan web yang memiliki page rank rendah. Hal ini yang menjadi alasan mengapa memiliki backlink dari web dengan page rank tinggi merupakan sebuah prioritas.

Rangking
Link memiliki salah satu peranan penting dalam pe-rangkingan di search engine. Sebagai contoh, dengan membandingkan 2 web online retail seperti TokoelektronikA.com dan TokoelektronikB.com, dengan produk yang sama, search engine perlu memutuskan produk dari web mana yang akan ditampilkan di posisi teratas : TokoelektronikA.com atau TokoelektronikB.com, dan di sinilah sebuah backlink akan berperan, apabila lebih banyak website yang me-linking, website yang memiliki relevansi, authority dan trust banyak yang me-link ke salah satu toko tersebut maka kemungkinan besar toko tersebut akan memiliki rank yang bagus.


Bagaimana Search Engine Menilai Suatu Backlink

Search engine selalu mengevaluasi nilai suatu link untuk menentukan potensi suatu web yang ada pada link tersebut. Berikut merupakan beberapa konsep dasar bagaimana search engine menilai kualitas suatu link :


Sumber Sebuah Backlink
Sebuah link yang ada di website anda yang me-linking kembali ke website anda (internal linking) merupakan salah satu cara optimasi internal (SEO OnPage) agar search engine mengenali infrastruktur website anda secara keseluruhan, hal ini pun menjadi “signal” untuk search engine agar lebih mengenal website secara eksternal.

Search engine selalu mengevaluasi link-link, baik yang ada pada website anda maupun web-web lain yang me-linking menuju website anda. Sebuah link yang bersumber dari web lain tentunya memiliki bobot yang lebih baik dibandingkan dengan link yang berasal website anda sendiri, atau dalam hal ini link dari website yang memiliki IP address dan informasi kontak/pemilik yang berbeda. Dalam hal ini search engine menggunakan signal-signal tersebut untuk mendeteksi apakah link tersebut lebih mengarah kepada jenis internal linking atau lebih mengarah kepada inbound linking.

Kuantitas Domain sebuah Backlink
Semakin banyak link yang mengarah ke website milik kita merupakan tujuan utama dari adanya aktivitas link building, tapi ada hal yang mesti kita perhatikan, bahwa search engine menghitung multiple link yang berasal dari satu domain secara kumulatif. Lebih jelasnya 1000 link yang berasal dari 1 domain tidak akan memiliki bobot yang sama dengan memiliki 1 link yang berasal dari 1000 domain.

Alasan utama yang membelakangi hal tersebut adalah 1 link yang berasal dari satu website bisa dianalogikan sebagai 1 orang yang memberikan 1 suara dan satu orang bisa memberikan vote/ suara sebanyak yang orang tersebut mau. Umumnya satu orang yang memberikan banyak suara juga bisa dianalogikan pada jenis backlink sitewide, dimana jenis backlink ini sering dikatakan oleh para pakar SEO sebagai backlink yang memiliki kualitas yang kurang baik. Sehingga meskipun multiple backlink dari satu domain masih bisa mempengaruhi website anda, namun search engine tetap akan melihat link berdasarkan dari kualitas bukan kuantitas.

Diversifikasi Sumber Backlink
Memiliki backlink dari sumber yang bervariasi merupakan salah satu faktor yang signifikan, dalam hal ini berarti memiliki link yang berasal dari domain website yang bukan milik anda dan link dari banyak domain yang berbeda baik dalam jenis, ekstensi dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, apabila website anda banyak memiliki link yang berasal dari web bertipikal blog, maka hal ini terlihat kurang berkualitas di hadapan search engine, dan anda perlu menambahkan source link lain seperti yang berasal dari social media, social bookmarking dan lain sebagainya. Hal ini yang disebut dengan diversifikasi dalam proses aktivitas link building, yang merupakan hal yang disarankan oleh banyak praktisi SEO.

Apabila link anda hanya berasal dari satu single class website saja maka hal tersebut lebih terlihat sebagai manipulasi dan tentunya search engine tidak menyukai hal tersebut. Dan apabila website anda memiliki link-link yang berasal dari banyak varian source dan domain, hal tersebut dapat menjadi signal positif bahwa website anda memiliki nilai dan kualitas lebih. Hal ini pula yang melatar belakangi search engine untuk melakukan update pada algoritmanya seperti google penguin.


Faktor Eksistensi Sebuah Backlink

Search engine sangat memperhatikan secara detail asal-usul yang ada pada sebuah backlink dari segala aspek. Seperti beberapa contoh berikut :

Kapan dan dari mana backlink tersebut berasal
Mengapa link tersebut bisa tampil di suatu halaman web dan kapan link tersebut mulai muncul ? Informasi ini bisa digunakan oleh search engine untuk menentukan kualitas sebuah backlink apabila dibandingkan dengan umur sebuah website yang memiliki backlink tersebut. Apakah memang link tersebut muncul dari website berjenis news atau social bookmarking dan lain sebagainya.

Eksistensi sebuah backlink
Berapa lama umur link yang ada pada sebuah halaman website. Semakin lama umur sebuah link akan semakin memperlihatkan bahwa link tersebut ada pada website yang berkualitas. Hal ini tentunya merupakan salah satu alasan mengapa kita harus memilih website yang bukan temporary web, maksudnya website yang “tidak serius” karena kemungkinan untuk hilangnya backlink tersebut akan menjadi semakin besar.

Seberapa cepat backlink tersebut dibuat
Apakah ada kenaikan jumlah yang signifikan dari backlink tersebut ? Bagaimana apabila dibandingkan dengan link yang lain? Bertambahnya jumlah backlink dalam waktu yang sangat singkat umumnya dapat memberikan signal negatif kepada search engine.

Konten Blog Dan Relevansi Backlink

Meskipun anchor text merupakan salah satu signal bagi search engine untuk menentukan relevansi sebuah halaman web, search engine juga sangat memperhatikan konteks secara mendalam yang ada pada sebuah link. Berikut merupakan beberapa contoh mengenai hal tersebut :

Link terdekat
Apakah link-link yang ada pada sebuah halaman web/situs menunjukan relevansi dan korelasi yang sangat kuat ? Dimana hal tersebut merupakan signal positif untuk search engine mengenai keakuratan sebuah halaman web dalam hal ini web yang berkualitas dalam relevansi dan korelasi antar konten.

Sebagai contoh apabila sebuah website yang memiliki konten mengenai internet marketing memiliki eksternal link yang mengarah ke web lain yang juga membahas internet marketing, tentunya hal tersebut akan membantu search engine untuk menentukan bahwa isi dari web tersebut merupakan topik mengenai internet marketing.

Penempatan link
Dimanakah posisi link tersebut? Apakah pada bagian konten atau footer? Di bagian halaman web manakah link tersebut berada?  Penempatan link yang baik akan mempengaruhi rangking bagi website yang di-link kan tersebut. Kualitas antara link yang berada di konten tentunya akan berbeda dengan kualitas link yang berada pada kolom kanan/kiri. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa memiliki terlalu banyak backlink bertipe sitewide sangat tidak disarankan, karena dapat memiliki pengaruh buruk di mata search engine sehingga website atau blog kita akan dianggap tidak memiliki backlink yang berkualitas..

Teks terdekat

Apakah backlink berikut anchor text yang ada pada sebuah halaman berhubungan dengan konten yang ada pada web tersebut? Kata-kata sebelum dan sesudah yang ada pada sebuah anchor text link merupakan salah satu faktor untuk menentukan kualitas sebuah link. Terkadang kita sering melihat sebuah anchor link yang secara paksa dibuat sedangkan kata sebelum dan sesudahnya sama sekali tidak berhubungan dengan konten dari backlink tersebut.

Konten Halaman Secara Keseluruhan

Relevansi dan konten struktur yang ada pada keseluruhan halaman sebuah web juga menjadi faktor penting dalam penentuan kualitas sebuah backlink. Baik gambar, internal link, header (H1, H2, dst.), video dan lain-lain, apabila semua hal tersebut memiliki kaitan topik yang sangat erat dengan link yang ada maka tentunya akan membuat link tersebut semakin berbobot.

Konten website secara keseluruhan

Konten keseluruhan yang ada pada sebuah website berikut tipe dan jenis website mempengaruhi kualitas sebuah backlink yang ada pada web tersebut. Sebagai contoh apabila anda memiliki backlink yang berasal dari sebuah website yang memiliki konten yang terkait dengan website milik anda maka hal tersebut akan membantu pe-rangkingan anda di dalam search engine.

Perihal TLD dari sebuah Backlink

Memiliki sebuah backlink yang berasal dari Top Level Domain (TLD) seperti .ac.id, .go.id, dan lain sebagainya memang banyak dicari oleh pakar SEO, dimana terdapat anggapan bahwa memiliki backlink yang berasal dari TLD tersebut akan memiliki pengaruh yang sangat positif di hadapan search engine. Namun sebenarnya Search Engine pun memiliki pandangan lain mengenai backlink yang berasal dari TLD tersebut.

Seperti yang dikatakan oleh Matt Cutts, Kepala dari Google Webspam Team pada salah satu wawancaranya mengatakan bahwa backlink yang berasal dari .edu dan sejenisnya dapat dimanipulasi, dimana saat ini terdapat banyak web seperti forum, blog dan halaman web lain yang dapat dengan mudah untuk mendapatkan backlink dari web TLD tersebut.

Sebagai contoh anda bisa melakukan pencarian di google : buy viagra site:.edu, akan terlihat banyak hasil pencarian yang berhubungan dengan queri tersebut. Namun sebenarnya memang tidak dapat disangkal, bahwa backlink dari domain TLD akan membawa pengaruh yang besar terhadap posisi di search engine dengan beberapa ketentuan seperti kualitas dari halaman domain TLD itu sendiri.

Tentunya apabila anda memiliki backlink di domain TLD yang memang benar-benar berkualitas seperti memiliki relevansi yang tinggi, berikut link-link yang keluar dari halaman domain TLD tersebut memang berhubungan, hal itu tentunya akan sangat memberikan bobot bagi website anda.


Berikut ini ada beberapa cara efektif untuk mendapatkan Backlink yang berkualitas tersebut, diantaranya adalah  :

1. Create Long and Interesting Post.
Buatlah postingan-postingan yang panjang dan menarik dan bilamana dirasakan perlu, gunakanlah gambar-gambar yang mendukung, chart dan grafis lainnya. Tulisan yang panjang itu antara 1000 hingga 1200 kata. Namun, semua kata dan atau kalimatnya harus benar-benar bermakna, bukan asal panjang, apalagi mengulang-ulang kata kunci (stuffing).

2. Interact with Other Blogs.
Berinteraksi dengan blog-blog yang lain dan janganlah anda menyendiri, lakukanlah metode blogwalking yang berkualitas yaitu dengan meninggalkan komentar-komentar yang bermakna di berbagai blog yang ada di dunia internet. Akan menjadi lebih bagus bilamana anda dapat memperoleh backlink dari blog-blog pesaing anda.

3. Participate in Forums.
Aktiflah berpartisipasi dalam berbagai forum-forum diskusi online dengan membuat sejumlah thread atau postingan dengan menyisipkan link-link yang langsung menuju ke halaman homepage atau halaman artikel blog.

4. Sharing Article.
Bagikanlah artikel-artikel original dan berkualitas yang anda miliki ke berbagai situs Media Sosial dan terutama ke Google Plus. Hal ini menjadi penting, karena backlink yang paling berkualitas itu asalnya dari Google sendiri, oleh karenanya aktiflah untuk sharing artikel ke berbagai Komunitas Google Plus yang ada, terutama yang relevan dengan thema situs atau blog milik anda.

5. Have Free Products.
Berbagi produk-produk gratis adalah salah satu cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Berbagi template gratis adalah salah satunya. Setiap orang akan suka sesuatu hal yang gratisan. Jika produk gratis itu baik, menarik, halal, dan berguna, maka otomatis user akan menyebarkannya.

Demikianlah uraian saya tentang Standart Umum Backlink yang Berkualitas, semoga dapat memberikan nilai tambah bagi kita semua.
Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger