Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Bahasan Tentang SEO (search engine optimization)

Responsive Info Blog, seo logoResponsive Info Blog. SEO (Serch Engine Optimization) adalah rangkaian kata yang paling sering dilontarkan oleh para blogger. Sebenarnya apa sih SEO itu, Apa saja manfaat SEO dan bagaimana cara menerapkan SEO ? Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas sedikit tentang SEO, ulasan ini hanya berlaku untuk para blogger pemula, dan bagi para mastah harap koreksi kalau ada kesalahan.

SEO adalah upaya-upaya yang dilakukan para blogger untuk memaksimalkan artikel yang ada di dalam blog mereka agar dapat akrab dengan mesin telusur atau mesin pencari, cara mengoptimalkan SEO diantara para blogger pun berbeda-beda, maka akan berbeda pula manfaat SEO yang didapatkan terhadap blog mereka.

Dalam sebuah usaha atau bisnis pasti tidak asing dengan kata pemasaran / marketing, pemasaran itu terbagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu pemasaran secara off line dan pemasaran secara online.

Salah satu cara pemasaran on line adalah dengan membuat blog bisnis, kehadiran blog dalam sebuah bisnis sangatlah membantu dalam mengembangkan bisnis tersebut, tentu saja harus di sertai optimasi SEO. Untuk mendapatkan manfaat SEO dalam blog bisnis maka harus di optimasi dengan baik dan benar. 

Berikut adalah manfaat SEO dalam sebuah blog bisnis :

1. Meningkatkan Calon Customer Yang Potensial
Dengan optimasi SEO yang benar maka blog anda akan tampil di halaman awal penelusuran seperti Google. Jadi ketika ada seseorang yang ingin mencari produk ataupun apa saja yang mereka butuhkan yang sesuai dengan niche bisnis anda di mesin telusur, maka blog bisnis anda sangat berpeluang besar untuk menjaringnya karena sudah di optimasi SEO. Semakin banyak orang yang mencari semakin banyak pula yang melihat blog anda dan semakin besar pula calon customer anda.

2. Membuat Brand Tambah Populer
Brand adalah salah satu hal yang penting dalam dunia bisnis, karena brand memudahkan cutomer untuk mengingat tentang usaha atau bisnis anda, pada umumnya brand itu identik dengan merk. Ketika blog bisnis anda sudah mencapai  point 1 di atas maka brand bisnis anda akan semakin di kenal oleh orang banyak khususnya di kalangan neter.

3. Mendapatkan Data Base Otomatis
Ketika ada pengunjung yang meninggalkan komentar pada artikel blog anda, maka ada akan mendapatkan data base komentator tersebut, karena sebelum berkomentar mereka diwajibkan mengisi alamat e-mail terlebih dahulu. Maka dapat anda manfaatkan untu promosi menggunakan E-mail.

Pengenalan SEO

Istilah SEO cukup sering didengar seiring dengan bertumbuhnya jumlah penguna internet di Indonesia dan meningkatnya jumlah website ataupun blog di internet, istilah SEO kerap kali muncul dalam berbagai artikel baik di media elektronik maupun cetak.

Setelah anda belajar blog dan menerapkan tips blog yang saya berikan beberapa waktu lalu, kali ini saya akan meperkenalkan atau mengenalkan apa itu seo. Seo ini sangat penting bagi blog anda, dimana ada blog populer pasti ada penerapan seo di blog tersebut.

Apakah yang dimaksud dengan SEO ?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang dalam bahasa Indonesia berarti optimasi bagi mesin pencari. Lalu, kenapa sebuah website atau blog perlu dioptimasi bagi mesin pencari ? Jawabannya hanya satu yaitu supaya blog atau website tersebut bisa menempati posisi teratas di hasil pencarian mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu (SERP). Posisi teratas di sini tidak selalu berarti posisi pertama dalam halaman pencarian karena tingkat kesulitan untuk menduduki posisi pertama bervariasi tergantung dari tingkat kompetisi kata kunci yang ingin di fokuskan.

Pertanyaan selanjutnya adalah kenapa posisi atau peringkat pertama dalam mesin pencari menjadi sangat penting bagi pemilik blog atau website ? Yaitu supaya blog atau website tersebut populer. Populer di sini bukan hanya mudah di cari lewat mesin pencari, tetapi anda juga harus memiliki konten yang berkualitas di dalam blog anda.

Bagaimana ? anda sudah mengerti tentang Pengenalan seo.

Untuk mengetahui lebih jauh cara-cara mengoptimasikan blog atau website anda, saya sarankan anda men-bookmarks blog ini, atau berlanganan RSS artikel blog ini. Terima kasih bila anda tidak keberatan saya akan sangat senang sekali bila anda bersedia untuk me-like di bawah judul dan men-share artikel ini ke teman-teman yang lain, agar teman-teman yang lain dapat membaca nya.

Belajar Dasar SEO

Salah satu hal yang menjadi kendala bagi para pemula yang ingin belajar teknik SEO adalah mengenai konsep DASAR SEO itu sendiri. O'iya bila anda sebelumnya belum mengenal seo saya sarankan anda untuk membaca artikel tentang pengenalan SEO terlebih dahulu.

Sampai disini saya angap kalian sudah mengerti tentang pengenalan SEO. Teknik-teknik SEO sebenarnya dapat diterapkan dalam berbagai macam cara, tergantung kreativitas pelaku teknik SEO itu sendiri. Namun yang terjadi adalah para pelaku teknik SEO lebih sibuk menerapkan teknik-teknik SEO tanpa mengetahui prinsip dan konsep DASAR SEO. Maka dari itu sangat penting bagi kamu untuk mengetahui konsep DASAR atau teori DASAR mengenai SEO.

Seperti yang telah dijelaskan di pengenalan SEO, SEO berfungsi untuk meningkatkan peringkat sebuah blog atau website pada halaman pencarian mesin pencari. Dari fungsi ini dapat dianalisa bahwa intisari dari semua teknik SEO adalah menyempurnakan atau meningkatkan kriteria-kriteria sebuah blog atau website yang menjadi tolak ukur mesin pencari dalam menilai kualitas sebuah website atau blog yang akan dimasukkan dalam halaman pencarian. Semakin baik kriteria yang dimiliki sebuah blog di mata mesin pencari maka semakin tinggi pula peringkat blog  tersebut di halaman pencarian.

Lalu kriteria atau faktor-faktor apa sajakah yang di nilai oleh mesin pencari ?

Pada dasarnya faktor-faktor yang dinilai oleh mesin pencari seperti Google  terdiri dari 2 kategori yaitu faktor yang ada dalam blog kamu sendiri (on page factor) dan faktor yang ada di luar blog kamu, namun ada kaitannya dengan blog yang kamu miliki (off page factor). Jadi, bila disingkat, mesin pencari akan menilai 2 kriteria atau faktor utama yaitu  on page factor dan off page factor

Beberapa orang yang baru belajar DASAR SEO sering bertanya mengenai faktor apa yang lebih penting on page factor atau off page factor ? Kedua faktor tersebut sama pentingnya. Sebuah kesalahan besar jika pelaku teknik SEO hanya menekankan pada salah satu faktor saja karena hal tersebut akan membuat curiga mesin pencari dan dapat berakibat buruk pada blog atau website yang ingin di optimasi. Namun pada umumnya, penerapan teknik SEO yang baik adalah dengan memulai meningkatkan kualitas on page factor baru kemudian meningkatkan kualitas off page factor.

Apa yang terkandung  dalam on page factor dan off page factor. 

On page factor terdiri dari :
  •     Judul blog dan tiap halaman blog.
  •     Struktur alamat blog.
  •     Deskripsi blog.
  •     Alamat blog.
  •     Sitemap blog.
  •     Konten atau isi blog.
  •     Jumlah dan kualitas Outbound link.
  •     Internal link.
  •     frekuensi update.

Sedangkan off page factor terdiri dari :

    Backlink.

Off page factor hanya terdiri dari backlink. Hal ini bukan berarti off page factor tidak lebih penting dari on page factor namun hal ini terjadi karena kita memang harus mengatur blog terlebih dahulu sebelum maju ke tahap pengembangan off page factor.

Mengenal SEO OnPage

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelum, kali ini saya akan menambahkan sedikit lagi tentang on page seo. Kalau saya mengartrikan On page seo itu adalah mengoptimalkan bagian halaman blog kita. Sebenarnya dalam seo yang paling sulit adalah bagian on page seo ini, mungkin bagi kalian yang baru di dunia blogger bertanya kenapa kok sulit ? Kan di mbah-Google bisa di cari.

Kalau anda memang mempunyai pertanyaan seperti itu, saya akan menjawabnya disini. Kalian tau gak bahwa seo itu adalah merupakan suatu hal yang gak pasti, kenapa saya katakan gak pasti ? Iya lah, banyak banget tutorial-tutorial di luar sana yang membahas tentang cara mengoptimalkan on page seo ini, tetapi pendapat dari mereka berbeda-beda, contohnya saja tentang mengoptimalkan meta tag, sebagian besar para blogger Indonesia sangat mementingkan meta tag ini ( kalau anda tidak tau meta tag bisa anda cari di Google ), dan sebagian lagi ber-anggapan kalau meta tag ini tidak terlalu penting. Sampai sekarang pun saya tidak tau mana yang benar dan mana yang salah.

Maka dari itu saya katakan bagian seo yang paling sulit itu adalah on page seo, karena banyak sekali mitos-mitos yang dibagikan para blogger di luar sana mengenai on page seo ini, tapi kita gak tau mana yang bener dan mana yang salah, disamping itu juga pihak search engine yang selalu update algoritmanya juga menjadi masalah tersendiri dalam dunia seo.

Tapi ada satu hal yang pasti dalam On page seo, hal itu adalah artikel yang anda tulis. Menurut saya dan pendapat saya, seo pada on page ya berfokus pada artikel anda, karena memang itulah yang akan dicari orang di search engine atau mesin pencari. Dan seo on page yang lain menurut saya hanyalah pendukung saja.

Mengenal SEO OffPage

Selain On page seo yang telah kita bahas dalam uraian di atas anda juga harus mengenal apa itu off page seo, off page seo adalah bagian penunjang lainnya untuk meningkatkan rangking sebuah blog. Seperti yang telah kita ketahui, untuk membangun sebuah blog dengan rangking yang dipandang layak oleh mesin pencari kita perlu membangun sebuah jaringan link.

Dalam off page seo yang perlu kita lihat disini bukanlah mengenai jumlah link atau backlink yang menuju blog anda, melainkan kualitas backlink yang menuju blog anda. Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas pastikan backlink yang menuju ke blog anda itu dari website yang ternama, sehingga backlink tersebut memberikan efek yang bagus untuk blog yang anda kelola.

Contoh website yang memberikan backlink yang berkualitas yaitu website universitas, website perusahaan ternama ataupun website surat kabar. Intinya usahakan backlink yang menuju blog anda dari website-website ataupun blog yang memiliki rangking yang bagus di mesin pencari.

Saran saya carilah backlink yang sehat agar mesin pencari seperti Google itu menyukai blog anda, hindari penggunaan tool dalam mencari backlink, karena penggunaan tool dalam mencari backlink itu tidak sehat bagi off page seo blog anda.
Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Penjelasan umum tentang SEO yang cukup lengkap, menambah wawasan

Balas

Bahasan SEO yang sangat mendalam, memberikan aku sebuah wawasan yang utuh, salam sukses buat adminnya ............

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger