Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Content Marketing, kunci Strategi SEO

Info Blog, konten bannerSebaik apapun strategi SEO yang terapkan dalam sebuah web/blog, secanggih apapun pola-pola optimasi SEO yang anda lakukan dalam sebuah web/blog, semuanya itu tidak akan terlalu berarti bilamana tidak ditunjang dengan strategi Content Marketing. Hal inilah yang seringkali dilupakan oleh mayoritas blogger dalam upaya untuk menaikkan peringkat web/blog, terutama untuk memenuhi impiannya dalam menjaring sejumlah pengunjung atau visitor.

Strategi SEO dan Content Marketing pada dewasa ini seperti dua sisi dalam sebuah koin. Kalau dulu, kesalahan yang sering terjadi adalah bahwa seorang Content Marketer tidak memperhatikan SEO. Demikian pula dengan seorang praktisi SEO, tidak memperhatikan Content. Kedua pihak sama-sama menganggap percuma. Akibatnya, proses pengembangan sebuah web/blog tidak dapat berjalan maksimal. Strategi Content Marketing yang tepat dan dibantu dengan optimasi mesin pencari (SEO) adalah kunci sukses dari web/blog dan bisnis online anda. Bahkan, hampir semua bentuk pemasaran online yang mengandalkan SEO akan bergantung dengan keberadaan sebuah Content ini.

SEO modern adalah content marketing + SEO

Sejak jaman dulu, orang-orang yang antusias dengan praktek-praktek SEO selalu berusaha mencari celah-celah bagaimana websitenya bisa mendapatkan peringkat yang tinggi di Google. Entah itu dengan mempermainkan keyword, backlink, maupun social signal. Tetapi kunci dari SEO, untuk masa sekarang dan di masa yang akan datang, bisa kita bongkar dengan cara melihat apa yang sebenarnya semua pihak (yang terlibat di dalamnya) inginkan. Ada 3 pihak dalam SEO : pengguna, website, dan Google (search engine).

Pengguna ingin mendapatkan informasi terbaik secepat mungkin dan bisa jadi akan diperolehnya dalam sebuah web/blog. Untuk memuaskan penggunanya, Google (sebagai sebuah search engine yang banyak diakses) akan menempatkan informasi terbaik (dari berbagai situs, web/blog) pada posisi teratas suatu hasil pencarian.

Dengan demikian, maka untuk mendapatkan posisi teratas yang perlu anda lakukan adalah menyediakan suatu informasi terbaik dalam web/blog. Karena itulah konten (content) memegang sebuah peranan penting. Konten yang baik identik dengan informasi yang berkualitas. Untuk dapat menciptakan konten terbaik, maka seorang praktisi SEO harus pula belajar Content Marketing. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa dalam dunia digital marketing, posisi SEO dan Content Marketing adalah saling berhubungan.

Apa itu Content Marketing ?

Content marketing adalah pendekatan strategi pemasaran yang difokuskan pada pembuatan dan pendistribusian konten yang bernilai, relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audiens yang sudah ditetapkan secara jelas, dan secara keseluruhan untuk mendorong tindakan pelanggan yang bisa menghasilkan keuntungan.

Penggunaan strategi Content Marketing itu memiliki tujuan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dengan cara konsisten membuat, dan mengurasi konten-konten bernilai dan relevan dengan maksud mengubah atau memperbaiki perilaku konsumen. Ini adalah proses yang berkelanjutan yang terbaik diintegrasikan ke dalam strategi pemasaran Anda secara keseluruhan, dan berfokus pada memiliki media bukan menyewa media.

Pada dasarnya Content Marketing adalah sebuah seni berkomunikasi dengan pelanggan ataupun calon pelanggan tanpa harus menjual. Ketimbang harus menawarkan produk atau jasa, Anda bisa menyampaikan informasi yang membuat pembeli merasa lebih cerdas. Esensi dari strategi konten yang dilakukan adalah keyakinan bahwa jika kita, sebagai pemilik bisnis menyampaikan informasi secara konsisten dan bernilai untuk para pembeli, maka mereka akan memberikan imbal balik dengan bisnis mereka dan juga kesetiaan (loyalty).

Content Marketing sudah dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki bagian pemasaran yang terhebat di dunia, termasuk misalnya P&G, Microsoft serta juga Cisco Systems. Bukan itu saja perusahaan-perusahaan dalam skala UKM dan juga perseorangan juga ikut mengembangkan dan melakukan content marketing di seluruh dunia.

Meskipun istilah Content Marketing ini baru dikenal di kisaran tahun 2011-2012, namun prakteknya sudah dilakukan sejak lama.

Contoh penerapannya :

Sebuah produk suplemen fitness menerbitkan konten-konten yang berisi pola latihan dan pola makan untuk pengembangan otot. Dengan demikian orang yang mencari informasi tentang konten tadi akan tiba ke website penjualan produk suplemennya. Dari sini anda sudah bisa melihat adanya korelasi antara produk yang dijual dengan konten-konten website yang bersangkutan.

Seorang Content Marketer pun membutuhkan pengetahuan SEO supaya kontennya bisa mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari…karena dalam hal ini Google merupakan sumber pencarian sekaligus perolehan traffic terbesar.

Hal-hal yang perlu dilakukan dalam rangka penerapan strategi Content Marketing  :

1. Selalu utamakan kualitas konten
Tidak ada orang yang ingin membaca konten yang kualitasnya rendah, Google pun tidak akan mau menaruh konten yang kualitasnya rendah di posisi teratas (Kecuali tidak ada konten lain sama sekali). Jadi jangan membuat konten yang kualitasnya rendah, semakin banyak konten yang rendah kualitasnya di website anda maka semakin rendah kualitas website anda secara keseluruhan.

2. Kuantitas konten tidak terlalu penting
Kuantitas hampir selalu berbanding terbalik dengan kualitas. Kecuali anda punya banyak penulis profesional. Semakin sering anda menerbitkan konten, semakin sulit mempertahankan kualitas. Konten memang penting....tapi jangan hanya membuat konten karena anda ingin punya konten.

Pastikan apa yang dibahas dalam konten anda tidak sama dengan milik website lain, dan pastikan konten anda nilainya lebih tinggi.

3. Google me-rangking halaman, bukan website
Mereka tidak peduli apakah website anda punya 1000 halaman atau hanya 1, yang mendapatkan posisi terbaik hanya konten terbaik. Jumlah halaman tidak berpengaruh. Selain itu, apabila anda punya banyak halaman yang mengincar keyword tertentu maka artinya anda juga akan bersaing dengan diri sendiri… tetapi umumnya Google hanya menampilkan 1 halaman dari 1 website.

Jadi, lebih baik membuat 1 konten dengan kualitas setinggi mungkin daripada membuat 2 konten berbeda dengan topik yang sama persis.

4. Konten berkualitas saja belum cukup
Meskipun konten memegang peranan terbesar, tapi Google adalah robot. Google bisa menentukan apakah artikel relevan dengan apa yang diinginkan tapi mereka tidak bisa langsung membaca artikel untuk menentukan kualitasnya. Karena itu mereka membutuhkan faktor luar : Kepuasan pembaca.

Dengan menyadari ini, maka yang harusnya anda lakukan setelah menerbitkan konten andalah memberitahukan keberadaan tersebut kepada orang lain.

5. Penggunaan keyword
Content marketer seringkali lupa dengan keyword. Padahal keyword memegang peranan penting dalam sebuah SEO. Penggunaan kata kunci dalam artikel bisa merubah suatu konten menjadi pedang tumpul, pedang tajam, atau pedang bermata dua.

Ada 4 kesalahan utama dalam penggunaan keyword untuk konten:

  • Keyword stuffing – menggunakan kata kunci yang sama berulang-ulang dalam satu halaman, harapannya supaya Google menganggap konten ini relevan dengan kata kunci, padahal berakibat fatal.
  • Keyword umum – mengincar kata kunci yang terlalu umum atau luas tanpa peduli dengan search intent atau tujuan pencariannya.
  • Tanpa keyword – kalau anda sudah mempublikasikan banyak konten, anda akan merasakan bahwa konten yang mengincar suatu keyword tertentu secara tepat akan mendapat volume pengunjung yang lebih besar daripada yang tidak mengincar sama sekali.
  • Persaingan internal – 1 website umumnya hanya muncul sekali di satu halaman hasil pencarian. Kalau lebih dari satu konten anda mengincar keyword utama yang sama, maka anda akan terjadi persaingan internal halaman. Karena itu lakukan diversifikasi keyword untuk setiap halaman.

(dikumpulkan dari berbagai sumber)

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger