Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Cara Optimasi SEO pada postingan Blog

Responsive Info Blog, optimasi seo postingan
Responsive Info Blog, pada artikel sederhana ini ingin mengulas tentang cara-cara optimasi SEO pada postingan blog yang seharusnya merupakan sebuah metode optimasi SEO OnPage yang sebenarnya atau yang paling aktual dewasa ini, terutama setelah berlakunya algoritma MobileGeddon. Apapun proses atau prosedur SEO yang dilakukan, pada dasarnya adalah merupakan untuk mengangkat peringkat artikel-artikel blog yang kita miliki agar dikenal oleh search engine maupun calon pengunjung blog. Dan oleh karenanya maka dalam hal ini penulis menganggap optimasi SEO pada sebuah postingan blog menjadi dasar dari proses-proses SEO yang selanjutnya, termasuk dalam hal ini SEO OffPage.

Tanpa pengoptimalan SEO yang jelas, sebuah konten atau postingan blog hanya bagaikan angin berlalu yang tidak bisa dijangkau baik oleh pembaca maupun search engine. Banyaknya persaingan sesama blog memang membuat semua teknik seo kita menjadi pudar. Tentu dalam hal ini harus memiliki kesabaran untuk mendapatkan cara yang efektif dalam menerapkan teknik-teknik SEO pada sebuah blog.

Intisari sebuah website atau blog adalah postingan blog yang dapat berupa artikel-artikel tentang berita, tutorial dan atau informasi-informasi lainnya yang bisa jadi berharga dan banyak dicari oleh calon pengunjung blog kita. Kebanyakan para pengunjung blog pasti akan mencari informasi-informasi bermanfaat dalam sebuah artikel atau postingan blog dan kunjungannya tersebut tentu tidak dalam rangka mencari iklan atau advertising yang (mungkin) kita pasang pada blog kita. Dalam kaitan ini, maka tidaklah berlebihan seandainya saya mendefinisikan sebuah artikel atau postingan blog dengan istilah "Conten is The King". Dan oleh karenanya, maka konten dalam artian postingan blog perlu untuk mendapatkan perhatian dan atau penanganan yang lebih khusus.

Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat anda terapkan dalam rangka proses optimasi SEO pada postingan blog, yaitu   :

1. Memilih Topik Postingan Blog
Memilih topik postingan blog adalah bagian paling penting untuk menciptakan konten yang menarik. Topik yang Anda pilih harus searah dengan apa yang pembaca anda inginkan. Ini harus unik dan asli, sedapat mungkin bukan hasil copy-paste artikel blog-blog lain, serta harus menawarkan sesuatu yang bernilai bagi para pembaca.

2. Melihat Tren Terbaru
Pastikan Anda mengikuti tren terbaru dari berbagai jaringan media sosial. Menulis tentang apa yang sedang tren. Menulis postingan dengan tren terbaru tidak hanya membawa banyak pembaca, hal ini juga akn memberitahu search engine bahwa website/blog anda adalah website/blog yang dinamis, menyediakan konten segar dan terbaru untuk para penggunanya.

3. Memilih Judul yang Unik
Judul adalah bagian paling penting dari sebuah postingan blog, karena dengan judul biasanya para pengguna mesin pencari meng-klik judul konten blog anda di mesin pencari. Mengoptimalkan judul postingan adalah bagian dari menjadi seorang blogger yang baik. Usahakan membuat judul postingan anda unik dan heboh, namun juga tidak melebih-lebihkan karena akan di anggap sebagai spam.

4. Optimalkan Permalink
Sebenarnya Blogger telah menyediakan permalink otomatis sehingga permalink postingan anda langsung terbuat. Nah, untuk membuat permalink ini menjadi SEO anda bisa merubahnya dengan custom permalink. Anda bisa merubah costum permalink anda sesuai dengan kata kunci yang anda bidik. Namun, juga tetap usahakan agar costum permalink tidak terlalu panjang.

5. Judul & Subjudul
Judul blog biasanya menggunakan tag h1, sedangkan untuk judul postingan menggunakan tag h2. Nah, untuk isi postingan anda jangan pernah menggunakan kedua tag tersebut. Untuk subjudul biasanya di gunakan tag h3 dan h4 saja. Ini sangat berguna untuk menentukan hirarki yang jelas dari postingan blog anda.

6. Meta Deskripsi
Meta deskripsi adalah bagian kedua paling penting dari posting Anda (setelah judul posting), karena apa pengguna cari akan terlihat pada mesin pencari bersama dengan judul konten anda. Tulis deskripsi sangat singkat paling 170-180 karakter, pastikan untuk memasukkan semua kata kunci penting di dalamnya. Sekarang ini blogger telah menyediakan search description untuk setiap postingan.

7. Internal Link
Internal link merupakan link mengarah ke postingan lainnya. Setiap posting di blog Anda harus memiliki link internal ke postingan lain yang relevan. Ini adalah salah satu dari banyak cara untuk meningkatkan traffic blog. Cobalah untuk membuat setidaknya dua link internal pada awal paragraf postingan, setidaknya satu atau dua lagi di sisa isi postingan.

8. Kata Kunci Kompeten
Kata kunci adalah dasar dari setiap mesin pencari. Setiap pencarian dilakukan berdasarkan kata kunci. Pengguna lebih sering mengetikkan kata kunci di bar pencarian daripada mengetik kalimat. Untuk niche blog Anda, Anda perlu mencari tahu apa kata kunci yang orang cari. Oleh karena itu, berkonsentrasilah pada penggunaan jumlah maksimum kata kunci dalam postingan Anda, terutama di bagian paragraf pengantar.

9. Optimasikan Gambar Postingan blog
Untuk optimalisasi gambar postingan blog ini dapat anda tempuh dengan cara mempergunakan gambar-gambar postingan blog yang dikompress dengan baik dalam ukuran kilobyte yang tidak terlalu besar, hal ini penting dilakukan dalam kerangka atau tujuan untuk tidak memperberat loading blog secara keseluruhan.

10. Memasang Label pada setiap postingan
Label Postingan Blog atau yang lebih tepat kita sebut sebagai kategori postingan blog ini merupakan hal yang wajib kita terapkan pada setiap postingan blog agar pengelompokan setiap postingan blog dapat dilakukan secara lebih sistematis untuk mempermudah proses crawling spider mesin pencari atau memudahkan pengunjung untuk mencari artikel-artikel yang masih bersesuaian isi atau themanya.

Demikianlah uraian sederhana ini, semoga dapat bermanfaat buat para pengunjung semua.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 comments

Cara-cara optimasi postingan blog yang cukup lengkap, mantap mas bro

Balas

maaf gan , label yang dimaksutkan itu apakah label seperti judul postingan ataukah label sejenis katagori produk, Terimakasih

Balas

Kalau anda bisnis Toko Online, labelnya adalah Kategori Produk ...., namun kalau anda pakai blog pribadi, labelnya adalah Kategori Postingan Blog

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger