Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Tool Gratis pengukur kecepatan loading Blog

Responsive Info Blog, speed blogResponsive Info Blog. Kecepatan akses web atau blog merupakan salah satu hal yang terpenting dalam mengoptimalkan SEO sebuah blog ataupun untuk memberikan kemudahan akses kepada pengunjung web atau blog. Terutama, setelah Google mengumumkan bahwa faktor "speed" merupakan salah satu elemen penting dalam penentuan ranking hasil pencarian search engine dan tentunya seorang webmaster harus lebih meningkatkan perhatiannya dalam hal ini.

Mulai pertengahan tahun 2010 lalu, Google Webmaster Team mengumumkan bahwa mereka mulai memasukkan faktor kecepatan loading website sebagai salah satu parameter dalam menghitung ranking web (Google PageRank). Jadi selain parameter-parameter seperti kualitas konten, meta title dan meta description, Google dalam hal ini juga memasukkan unsur page load time sebagai salah satu yang menentukan ranking website atau blog Anda.

Sebuah penelitian online menyebutkan bahwa 75 % pengunjung tidak akan kembali lagi ke blog atau situs yang load time-nya lebih dari empat detik. Penyebab utama lamanya website ditampilkan adalah besarnya ukuran kilobyte gambar atau animasi yang dimilikinya. Pengunjung website atau blog tidak suka menunggu munculnya website atau blog yang lama, terutama di Indonesia, ketika banyak orang masih menggunakan modem 56 Kbps, sehingga kecepatan mengambil data semakin terbatas.

Dari sudut pandang manapun, waktu loading yang cepat harus menjadi perhatian utama. Apabila website atau blog Anda gagal ditampilkan dengan sempurna dalam waktu beberapa detik, biasanya pengunjung baru enggan berlama-lama menunggu dan memutuskan untuk meninggalkan website atau blog Anda. Biasanya ini terjadi pada pengunjung yang berasal dari hasil pencarian dimana mereka membutuhkan informasi yang tepat dan singkat.


Memiliki website atau blog dengan speed loading yang cepat dan ringan merupakan dambaan setiap pemilik website (blogger). Dengan page loading yang cepat para pengunjung akan betah  berlama-lama untuk membaca isi website kita. Namun ternyata bukan hal yang mudah untuk mewujudkan hal itu. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Selain mutu hosting yang bagus, pilihan template juga berpengaruh terhadap kecepatan loading blog. Jika dipadukan dengan content yang bagus, pasti blog kita tak akan pernah sepi pengunjung.

Pada artikel tentang Meningkatkan kecepatan loading sebuah blog, telah penulis bahas secara panjang lebar tentang berbagai macam kombinasi proses yang dapat dilakukan dengan mudah, dan sekarang dalam artikel ini penulis hanya akan membahas tentang alat-alat atau Tool gratis yang dapat dipergunakan untuk mengukur kecepatan loading sebuah blog dengan berbagai macam ciri khasnya tersendiri.

Dalam salah satu posting pada blog resmi Google Webmaster, Google mengkonfirmasikan, “Kecepatan website itu penting. Tidak hanya bagi pemilik web, tapi juga untuk semua pengguna internet. Web yang cepat membuat pengunjung senang, dan kami menemukan dalam penelitian internal kami bahwa saat loading web lambat, pengunjung akan lebih cepat meninggalkan web tersebut. Berbeda dengan web yang lebih cepat yang tidak hanya mengingkatkan pengalaman pengguna, data terbaru menunjukkan bahwa meningkatkan kecepatan web juga mengurangi biaya operasional website. Seperti kami, pelanggan kami menganggap kecepatan web adalah segala-galanya. Fenomena itulah yang membuat kami memutuskan untuk memasukkan faktor kecepatan website dalam algoritma pencarian kami.

Jika Anda adalah pemilik web atau seorang webmaster atau seorang blogger, berikut adalah beberapa tools gratis yang bisa digunakan untuk mengukur dan meningkatkan kecepatan website Anda :

1. Google Page Speed Insights
Google Page Speed Insights akan menganalisa konten sebuah halaman web dan memberikan rekomendasi yang membuat loading halaman web tersebut bisa lebih cepat. Rekomendasi yang diberikan termasuk mengurangi waktu respon server, optimasi javascript dan CSS, cache browser, optimasi gambar, dan saran-saran lainnya.

2. GTmetrix
GTmetrix adalah tools yang akan menilai kecepatan website Anda. Selain mengukur kecepatan web, GTmetrix juga memberi puluhan cara untuk meningkatkan kecepatan website. Bahkan mereka secara otomatis menunjukkan grade YSlow untuk website Anda.

Baca juga artikel tentang : Sistem Cara Kerja Google Search Engine.

3. Pigdom
Pingdom adalah sebuah layanan monitor website yang menyediakan layanan speed test secara gratis. Pingdom akan menunjukkan kecepatan loading website Anda dan memberi penilaian berdasarkan beberapa faktor yang mereka anggap penting. Jika Anda ingin Pigdom secara kontinyu memonitor website Anda, mereka juga menawarkan layanan berbayar dengan biaya mulai $10/bulan.

4. Webpagetest
WebPageTest adalah online tools gratis yang akan menampilkan waktu loading web Anda berdasarkan 6 faktor penilaian performa web yang berbeda. Jika Anda meng-klik tulisan “Page Speed” setelah melakukan tes, Webpagetest akan menunjukkan beberapa saran untuk meningkatkan kecepatan web.

Salah satu fitur keren yang disediakan oleh WebPagetest adalah kemampuan untuk memilih negara tempat Anda melakukan tes. Fitur ini bisa digunakan untuk mengukur seberapa cepat website Anda jika diakses di berbagai belahan dunia.

5. YSlow
YSlow adalah plugin gratis untuk browser Anda yang bisa mengecek performa berbagai web yang Anda kunjungi, menunjukkan berbagai faktor mengapa web lambat berdasarkan pandangan Yahoo! dari berbagai web berkecepatan tinggi, serta menawarkan solusi untuk meningkatkan kecepatan web. Saat menganalisa sebuah halaman web, YSlow memotong poin untuk setiap aturan kecepatan web yang dilanggar, setelah itu memberi saran agar tidak melanggar aturan yang mereka tentukan dan tentunya, membuat loading web Anda semakin cepat.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger