Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Berjaya Pada Hasil SERP Google

Info Blogger, percaya diriInfo Blogger, pada kesempatan kali ini ingin sedikit berbagi informasi tentang Berjaya Pada Hasil SERP Google, yang pada dasarnya akan sedikit mengupas tentang hal-hal atau faktor-faktor penting yang perlu diperhatikan oleh para Blogger, khususnya Blogger Pemula (seperti aku ini), agar dapat merebut salah satu tempat atau posisi strategis di halaman pertama hasil pencarian (SERP) Google.

Sebelum kita menetapkan sebuah keyword atau kata kunci pencarian, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah melakukan penelitian secara mendalam berkaitan dengan para kompetitor yang kita hadapi. Kita (sebagai admin blog) harus pula telah dapat memetakan dimana letak kelemahan blog yang kita miliki (dan akan kita optimasi) agar dapat memenangkan persaingan merebut posisi strategis tersebut.

Strategi utama dan terpenting adalah adanya konten-konten yang original dan berkualitas (dengan prosentase jumlah yang mayoritas) dalam blog yang akan kita optimasikan tersebut. Konten-konten yang original dan berkualitas tersebut adalah merupakan senjata andalan kita untuk memenangkan persaingan merebut salah satu posisi pada halaman pertama daftar pencarian mesin telusur. Artinya, kita tidak akan mampu untuk memenangkan persaingan dengan mempergunakan atau mengandalkan konten-konten dari hasil copy-paste blog-blog tetangga atau milik orang lain.

Bilamana kita telah yakin dengan kepemilikan berbagai macam konten-konten yang original dan berkualitas, maka langkah berikutnya adalah berusaha untuk memaksimalkan SEO OnPage template blog yang kita pergunakan. Langkah-langkah SEO OnPage ini termasuk juga langkah-langkah mempercepat proses loading blog. Gunakan HTML Optimizer bilamana diperlukan, sebagai bagian dari optimasi template blog. Jangan mudah berpuas diri meskipun blog anda telah mempergunakan model Responsive Template, karena model-model Responsive Template yang banyak beredar di dunia internet tersebut tetap saja masih memerlukan berbagai model optimasi template blog, terutama berkaitan dengan page load time.

Promosi Blog secara benar.

Langkah-langkah untuk memenang persaingan dalam merebut posisi strategis pada halaman pertama hasil pencarian atau SERP (search engine result page) tidak dapat dilepaskan dari pada langkah-langkah promosi blog secara benar dan maksimal. Sebagus apapun konten atau artikel-artikel yang kita miliki jika tanpa didukung dengan upaya-upaya promosi, maka hal tersebut tidak akan berarti apa-apa alias nihil. Berikut ini langkah-langkah promosi blog yang dapat dijadikan bahan pertimbangan, yaitu  :


1. Tentukan target pengunjung blog.
Dalam menentukan target pengunjung blog ini, kita sudah harus paham betul tentang thema blog yang kita usung atau menjadi primadona konten blog yang utama. Selanjutnya, carilah media-media promosi blog yang memiliki kemiripan thema dengan thema utama blog yang kita miliki. Artinya begini, katakan saja blog yang kita miliki mengusung thema tentang aktivitas blogging, maka tidak pada tempatnya bilamana kita melakukan promosi blog tersebut pada situs-situs yang berthema kontak jodoh (sebagai satu misal). Kesesuaian thema ini akan memberikan dampak tersendiri bagi kredibilitas sebuah blog di mata search engine, semacam Google search engine.

Gunakan Media Sosial hanya sebagai pendukung promosi saja, dan jangan terlalu berharap lebih dari berbagai situs Media Sosial ini, karena model promosi di Media Sosial ini sama sekali tidak dalam kondisi ter-target, artinya kunjungan yang akan kita dapatkan akan bersifat random. Padahal untuk memenangkan posisi atau berjaya pada hasil SERP kita sangat membutuhkan dukungan situs-situs yang memiliki kemiripan thema.


2. Lakukan proses promosi secara natural dan alami.
Dalam melakukan upaya-upaya promosi blog ini jangan sekali-kali kita mengharapkan hasil yang maksimal dalam waktu yang relatif singkat (hasil yang instan). Layaknya seperti proses pencarian backlink, lakukan proses promosi ini secara sistematis, berkala dan natural. Jangan melakukan proses promosi blog secara membabi-buta, dampaknya pasti akan tidak baik untuk jangka panjang.

Untuk proses promosi blog ini, baiknya kita perhatikan hal-hal berikut ini :

a.  Fokus pada solusi
Inilah apa yang benar-benar dicari pengunjung blog. Dan ketika ada permintaan, setengah dari pekerjaan promosi Anda berhasil. Produk dan jasa yang memiliki permintaan tinggi akan mendapat perhatian pertama dan lebih sering. Berikan target pasar Anda terhadap apa yang mereka inginkan atau apa yang membuat mereka tertarik untuk melihat. Tawarkan sesuatu yang seolah berteriak “Aku pemecah masalah” atau “Aku solusi cepat”, dan pesan Anda itu akan mendapatkan perhatian dari calon pengunjung blog.

b.  Bertujuan pada target pasar
Promosi yang tidak mencapai target akan diklasifikasikan sebagai pemborosan, tidak efisien atau junk (seperti dalam “junk mail“). Kegiatan marketing yang mencapai target pasarnya tergolong menarik, efektif dan sangat efisien. Kuncinya adalah untuk memberikan target pasar Anda sesuatu yang menarik bagi mereka. Jika Anda seorang warga negara yang sudah paruh baya tertarik pada musik klasik, berita singkat tentang rilis musik terbaru dari band rock-and-roll terbaru tidak akan menarik – sehingga warga negara tersebut bukanlah bagian dari target pasar Anda.

c.  Memiliki pesan yang sangat jelas
Grafis memang  bisa menarik perhatian, tapi itu bukan satu-satunya alat untuk mengkomunikasikan pesan Anda. Jangan biarkan pengunjung hanya melihat gambar pada iklan itu ! Pakar iklan terkenal, David Ogilvy pernah berkata, “Saya tidak menganggap iklan sebagai hiburan atau sebuah bentuk seni tetapi sebagai media informasi. Ketika saya menulis sebuah iklan, saya tidak ingin Anda sekedar memberitahu bahwa saya kreatif. Saya ingin Anda tertarik hingga Anda membeli produk tersebut.” Anda tidak dapat membuat orang lain memperhatikan pesan-pesan yang membosankan atau tidak jelas.


3.  Gunakan strategi promosi saling berkaitan
Ini adalah cara lain untuk mendapatkan perhatian, terutama terjadi di kalangan content marketer saat ini. Sederhananya, informasi yang ditawarkan sebagai insentif untuk kontak baru. “Kaitan” ini menjadi prospek ! Atur promosi Anda untuk komunikasi lebih lanjut. Berikut adalah beberapa contoh dari kaitan ini :

  • Hubungi kami hari ini untuk perhitungan pinjaman pegadaian gratis.
  • Download resep ebook gratis yang menggunakan rempah-rempah dan bumbu kami.
  • Mampir hari ini untuk vas gratis untuk bunga di Hari Ibu.

Semua keterkaitan ini menawarkan sesuatu yang bernilai untuk pelanggan potensial agar tertarik. Mereka semua tidak hanya memberikan sepotong perhatiannya kepada Anda tetapi akan meningkatkan respon terhadap Anda juga.


Dengan menerapkan ketiga pola tersebut di atas, niscaya kita akan mampu berjaya pada hasil SERP Google. Bagaimana ? Bila ada strategi tambahan, silahkan untuk menuliskannya pada kotak komentar di bawah ini.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Berjaya pada hasil SERP Google memang merupakan faktor utama untuk mengembangkan sebuah situs atau blog. Terima kasih telah berbagi, salam blogger.

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger