Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Jangan Harap Blog Anda bisa Berkembang

Blog Info, blog banner
Blog Info. Jangan Harap Blog Anda bisa Berkembang. Esensi dasar sebuah blog adalah berkaitan dengan ada tidaknya konten (artikel) blog yang original dan berkualitas. Dengan pemahaman yang demikian itu, maka kualitas sebuah artikel (konten) blog harusnya menjadi sebuah perhatian utama, dan bukan hanya sekedar mempraktekkan berbagai macam ragam pola SEO yang ada. Kualitas konten sebuah blog adalah merupakan faktor utama untuk menentukan berkembang tidaknya sebuah blog, baik di mata para pengunjung maupun di mata search engine, semacam Google.

Jadi dengan demikian, dalam rangka mengembangkan sebuah blog, maka kualitas konten blog haruslah menjadi perhatian yang paling utama, sedangkan praktek-praktek SEO (search engine optimization) pada dasarnya hanyalah merupakan sebuah perangkat pendukung untuk memaksimalkan perkembangan blog itu sendiri. Dengan kepemilikan sejumlah konten-konten blog yang original dan berkualitas, maka masalah-masalah yang berkaitan dengan pageviews blog maupun visitor blog bukanlah merupakan sebuah masalah yang berat. Tanamkan dalam benak kita, seorang pengunjung blog yang datang mengunjungi sebuah blog pada dasarnya ingin mengetahui berbagai informasi yang kita tuangkan dalam berbagai tulisan blog dan sama sekali bukan dalam rangka untuk mengetahui proses-proses optimasi SEO yang telah kita lakukan.

Kesimpulan utama dalam hal ini adalah : 

Jika anda tidak memiliki konten-konten blog yang original dan berkualitas (dalam blog anda), jangan sekali-kali berharap blog anda tersebut dapat berkembang.

Sejalan dengan pola pemikiran tersebut di atas, maka mulai saat ini lakukan hal-hal berikut ini  :

1. Hentikan praktek-praktek optimasi SEO yang berlebihan.
Optimasi SEO memang diperlukan, namun praktek-praktek optimasi SEO yang berlebihan, terutama SEO OffPage, pasti akan menyimpan potensi dampak negatif terhadap eksistensi sebuah blog, dan hal yang terburuk adalah adanya 'vonis spam' yang berakibat tindakan "banned" oleh berbagai search engine, termasuk Google di dalamnya.

2. Hentikan praktek-praktek copy-paste artikel milik orang lain.
Praktek copy paste artikel memang bukan termasuk tindakan pencurian yang berdampak hukuman pidana tertentu, namun dalam hal ini tindakan tersebut pasti akan menurunkan kredibilitas blogger yang bersangkutan, yang pada akhirnya akan menurunkan kadar kepercayaan search engine maupun pengunjung blog terhadap blog yang penuh dengan artikel-artikel hasil copy paste tersebut. Bisa jadi seiring berjalannya waktu akan menghilangkan blog yang bersangkutan dari hasil pencarian search engine.

3. Hentikan praktek-praktek spammer saat melakukan blogwalking.
Praktek-praktek spammer ini memang sangat mudah untuk dilakukan pada saat kita melakukan aktivitas blogwalking, diantaranya dengan cara meninggalkan link-link aktif pada komentar yang terkait. Bilamana anda ingin mendapatkan backlink, lakukanlah dengan cara-cara yang positif, semacam meminta pemilik blog untuk melakukan review situs atau blog yang anda miliki.

4. Lakukan update artikel secara rutin dengan tulisan asli anda sendiri.
Bila anda ingin mengembangkan blog yang anda miliki, maka lakukan update artikel blog dengan tulisan anda sendiri (original) secara berkala atau rutin. Abaikan dulu masalah kualitas artikel yang anda tulis, yang perlu anda lakukan adalah mempertahankan keaslian artikel-artikel blog anda dari hasil buah pemikiran anda sendiri. Baik atau buruknya kualitas artikel tersebut itu urusan nanti atau belakangan, dengan semakin banyak frekwensi anda berkunjung ke blog-blog yang terkenal, maka secara otomatis anda akan dapat belajar tentang pola-pola penulisan artikel yang bagus.

5. Hentikan praktek-praktek promosi blog yang tanpa target.
Sering kali kita melakukan praktek-praktek promosi blog (termasuk artikel blog di dalamnya) yang tidak terfokus tagetnya. Artinya kita promosikan blog kita secara sembarangan tanpa memperhatikan relevansi thema blog yang kita miliki dengan media promosi yang akan kita pergunakan. Sebagai contoh kita promosikan blog langsung ke Facebook pribadi, tanpa memperhatikan siapakah audience kita. Hal ini jelas membuang-buang waktu dan tenaga. Pilihlah media-media promosi yang sesuai atau memiliki relevansi dengan thema blog yang sedang kita promosikan tersebut.

6. Sedapat mungkin buatlah konten-konten yang dapat menjadi viral di media sosial.
Dalam rangka membuat konten-konten yang dapat menjadi viral di media sosial ini dapat dilakukan dengan cara membuat judul konten yang unik dan menarik, upayakan untuk melibatkan emosi pembaca dalam bahasan artikel tersebut, jangan sekali-kali menyebar berita bohong, dan bilamana mungkin gunakanlah metode Hypnotic Writing (artikel yang mampu menghipnotis pembaca).

Akhir kata, bila anda mengabaikan ke enam point yang telah saya uraikan di atas, maka Jangan Harap Blog anda bisa berkembang.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 comments

Wah ini informasi yang akurat agar blog jadi berkembang dan populer, sukses untuk admin blognya ....

Balas

Monggo, semoga ada yang bermanfaat

Balas

Biasa aja mas bro, masih banyak lebih baik kok ..., Salam Blogger

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger