Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Jangan pilih Template Blog yang baik

Blog Info, banner templateBlog Info pada kesempatan update artikel kali ini ingin sedikit membahas perihal "Jangan pilih Template Blog yang baik", karena hal tersebut relatif sifatnya. Artinya, sebuah model template blog dinilai baik oleh blogger A, namun belum tentu dinilai sama oleh blogger B. Bagi saya pribadi, pemilihan template blog tersebut harus memenuhi azas-azas kesesuaian dengan thema blog maupun prinsip-prinsip template yang benar. Artinya begini, sebuah blog personal tentu tidak akan cocok menggunakan template blog model toko online atau model majalah (magazine). Demikianlah dasar alasan kenapa saya memilih judul artikel ini "Jangan pilih Template Blog yang baik", namun pilihlah yang sesuai dan benar.

Bagaimana Menentukan Template Blog yang sesuai dan benar ?

Pada dasarnya kita bisa kategorikan template-template blog ke  dalam 3 kategori besar, yaitu Responsive Template, Clean & User Friendly Template, Fast Loading Template, yang tentunya akan tetap mengacu kepada template yang SEO friendly.

1. Responsive Template : Template yang tampilannya bisa menyesuaikan diri dengan perangkat yang kita gunakan, semisal di buka di ponsel atau gadget,ukuran template ini secara otomatis menyesuaikan diri dengan ukuran layar perangkat, jadi kita tidak perlu melakukan zooming terhadap artikel atau gambar yang terlihat di area postingan. Manfaatnya sangat besar sekali, karena Google telah mengacu kepada algoritma  MobileGeddon, yaitu blog yang mobile friendly atau ramah dalam  penggunaannya pada perangkat ponsel.

2. Clean & User Friendly Template : Template yang sederhana, minimalis dan bersih akan sangat di sukai Google, selain nyaman dan enak di pandang, model template ini akan terlihat rapi dan tidak acak- acakan, pengunjung pun akan merasa lebih mudah untuk memahami isi dari blog anda, dari halaman per halaman.

3. Fast Loading Template : kecepatan loading blog yang lambat akan memperburuk masa depan blog itu sendiri, selain pengunjung juga tidak sabar menunggu, template blog yang lamban juga buruk di mata SEO, jadi pilihlah template blog yang loadingnya cepat.

Cek Template Dengan Testing Tool.

1. Responsive test template,
Anda bisa test template blog anda terlebih dulu melalui http://ami.responsivedesign.is/ atau http://troy.labs.daum.net/, masukkan alamat url anda dan tekan enter, cek apakah template blog anda responsive atau tidak.

2. Structured data testing tool https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/
Tool dari Google ini akan membuktikan baik atau buruknya struktur data yang ada pada template blog anda, jika terdapat kesalahan, sebisa mungkin perbaiki dengan cepat.

3. CHKME = https://chkme.com/
Uji SEO template bisa anda lakukan pada website ini,standar nilai yang bagus adalah 80%,jika kurang dari itu,perbaiki kesalahan pada template andat,CHKME terbilang cukup akurat,membantu anda dalam penyelesaian masalah pada template,karena tercantum hasil pengetesan dan pengujian pada template.

4. http://gtmetrix.com/
Untuk mengukur kecepatan loading sebuah blog anda bisa gunakan tool tersebut, jika score masing- masing menunjukkan angka 80 % (atau lebih), maka bisa dianggap template blog anda fast loading, namun jika kecepatan loadingnya di atas 5 second, sebaiknya anda memilih template lain, untuk ukuran tersebut jika page loadnya lebih dari 5 second, maka template itu dianggap lambat loadingnya.

Tips untuk memilih Template Blog gratisan.

Berikut ini 3 tips utama dan 2 tips tambahan dalam memilih template blog gratisan :

Tips Utama


1. Template disesuaikan dengan thema dan tujuan blog.

Template yang digunakan harus disesuaikan dengan thema dan tujuan blog. Jika blog tersebut berthema informasi mengenai olahraga, template yang digunakan harus berniche olahraga. Dan jika blog tersebut bertujuan personal blog, template yang anda gunakan boleh sesuai dengan selera, namun jika bersifat untuk umum sebaiknya template yang digunakan harus sesuai dengan thema blog anda. Template yang digunakan sebaiknya seo friendly, user friendly, dan navigasinya mudah.

2. SEO Friendly

Memilih template juga disesuaikan dengan teknik SEO (Search Engine Optimization). Tampilan yang bersifat seo friendly akan lebih mudah menentukan keberadaan blog di posisi teratas pada search engine. Dengan begitu blog anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengunjung sesuai dengan kata kunci yang ia ketikkan.

3. User Friendly


Template blog yang dikatakan user friendly bila template tersebut mudah dinavigasikan oleh pengunjung blog maupun mesin spider search engine. Tampilan tersebut tak menyusahkan pengunjung yang datang ke blog anda. Pilihlah template dengan menu, kolom, dan navigasi yang mudah. Tampilan magazine misalnya, walau tampak ramai dan rumit namun template jenis ini mudah untuk dinavigasikan.

Baca juga artikel : Struktur Dasar Template Sebuah Blog.

Tips Tambahan

1. Tata letak

Tata letak yang saya rekomendasikan adalah template blog yang memiliki 2 atau 3 kolom. Menurut saya kolom berjumlah 2 atau 3 akan lebih mudah dinavigasikan dan tampilan blognya akan terlihat padat.

2. Beragam Warna

Tampilan blog dengan warna yang lebih beragam akan menimbulkan kesan kreatif pada blog Anda. Warna juga akan membuat pengunjung betah pada blog anda. Warna blog juga disesuaikan menurut jenis kelamin yang akan berkunjung pada web/blog anda. Jika pengunjungnya laki-laki sebaiknya anda memberikan warna hitam, putih, merah, biru, pink, atau feminimnya.

Pada bagian akhir dari artikel ini, saya akan tambahkan beberapa point penting. Kalau kita berbicara tentang algoritma search engine, pembahasannya tidak akan ada habisnya dan sudah sangat pasti tidak mudah untuk dijelaskan, apa lagi oleh saya, saya tidak begitu paham tentang algoritma search engine.

Terus bagaimana caranya memilih template blog agar baik di mata search engine?, pertanyaan itu sudah banyak beredar di dunia blogging, namun pertanyaan itu belum juga menemukan titik terang, dan jawaban- jawaban yang ada pun belum bisa dikatakan valid, akan tetapi banyak pakar / para master blog menyatakan dan berpatokan pada kriteria sebagai berikut :
  1. Template harus memiliki loading yang cepat.
  2. Template harus memiliki tag H1, H2, dan H3 pada keyword yang dituju.
  3. Template memiliki navigasi yang jelas dan mudah digunakan.
  4. Template harus bersih, rapi dan tidak terlalu banyak warna (penggunaan warna sewajarnya)
  5. Template tidak terlalu banyak widget.
  6. Susunan HTML sederhana tidak terlalu banyak script yang tidak terpakai.
  7. Tidak menggunakan background yang mencolok.
  8. Template harus sesuai dengan thema yang akan kita angkat.

Demikian sekiranya, bisa sedikit membantu dalam menentukan template blog yang akan anda gunakan, cermati dahulu sebelum memilih template mana yang pas dan cocok sebelum memulai menulis postingan dalam blog anda, karena template blog akan berpengaruh kepada blog anda, baik dari segi hasil pencarian search engine dan terutama sekali adalah masalah pengunjung blog Anda.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Suwun mas infonya lngsng praktek

Balas

Monggo mas ... semoga sukses ....

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger