Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Persaingan merebut tempat pertama SERP

Responsive Info Blog, blogger suksesResponsive Info Blog, persaingan merebut tempat pertama SERP berdasarkan sebuah kata kunci tertentu (apalagi jika menyangkut nama atau judul sebuah blog) memang bukan merupakan perjuangan yang mudah untuk dilakukan. Butuh waktu panjang, fokus, disiplin dan konsisten baik dalam rangka update blog maupun dalam upaya membuat serta menuliskan konten-konten yang berkualitas dan original.

Menarik sekali bilamana kita perhatikan tulisan blogger tetangga dalam tulisannya yang berjudul Merebut Tempat Pertama di SERP Google. Artikel tersebut mengupas aktivitas-aktivitas blogging secara umum yang dapat dengan mudah dipraktekkan oleh blogger pemula sekalipun. Tidak terlalu muluk-muluk, namun lebih menitik beratkan kepada kondisi internal blog yang bersangkutan, artinya "Sudah pantaskah sebuah blog tersebut menempati urutan pertama pada sebuah hasil pencarian?". Hal inilah yang menggugah semangat penulis untuk memperbaiki kondisi internal Responsive Info Blog ini, agar mampu bersaing dalam upaya merebut tempat pertama Google SERP (sebagai sasaran utama).

Penulis yang dalam hal ini juga bertindak selaku admin blog, dalam hal ini mencapai sebuah kesimpulan menempati peringkat pertama pada hasil SERP Google (atau setidaknya masuk pada halaman pertama hasil pencarian) setidaknya merupakan strategi awal untuk mengembangkan sebuah blog, baik yang berkaitan dengan meningkatkan popularitas sebuah blog maupun dalam rangka menarik pengunjung untuk datang dan mengakses blog tersebut. Hal ini jelas terjadi berdasarkan sebuah kenyataan, pengunjung tidak akan mau susah-susah mengakses halaman ke 2, 3, 4 dan seterusnya, bilamana ia telah mendapatkan informasi yang dibutuhkan pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan sebuah kata kunci tertentu. Oleh karenanya berhasil menempati halaman pertama sebuah hasil pencarian pada dasarnya merupakan sebuah hal yang urgent untuk selalu diupayakan dengan cara-cara yang benar agar dapat bertahan secara lebih lama.

Info Blog, dalam artikelnya tersebut di atas telah membuka wawasan yang baru bagi kita blogger-blogger pemula untuk lebih meningkatkan kualitas blog terlebih dahulu, dan baru kemudian mengejar "kuantitas" jumlah kunjungan yang pada akhirnya akan berbuntut pada naiknya popularitas sebuah blog. Sebuah pola tindakan yang tergolong sistematis, terukur dan tepat sasaran. Ingatlah, bahwa kita membangun sebuah blog pada dasarnya bukanlah untuk kepentingan search engine, namun lebih kepada kepentingan manusia atau calon-calon pengunjung blog yang membutuhkan informasi yang kita sediakan, sehingga meningkatkan kualitas blog (dalam arti kecepatan loading maupun konten-kontennya) menjadi sebuah aktivitas yang urgent serta rutin untuk selalu diupayakan.

Satu hal penting yang perlu kita pahami adalah, jangan kita terlalu terpatri untuk mendapatkan backlink dalam jumlah yang banyak dan dalam tempo yang singkat untuk merebut posisi strategis pada hasil halaman pencarian search engine ini, namun lebih baik kita berfokus kepada masalah-masalah meningkatkan kualitas konten (artikel-artikel) blog yang original dan bukan hasil copy-paste artikel milik orang lain (atau blog-blog lain). Camkan, Google pasti telah mengetahui akan hal itu, karena mesin telusur Google pasti telah mencatat artikel-artikel yang kita copy-paste tersebut sebagai yang telah diterbitkan terlebih dahulu. Buntutnya, artikel hasil copy-paste milik kita pasti akan terabaikan, khususnya di halaman hasil pencarian oleh search engine, semacam SERP Google.

Dalam kaitan tersebut dapat kita bayangkan apa yang terjadi bilamana blog yang telah kita bangun dengan susah payah itu hanya berisi konten-konten atau artikel-artikel hasil copy paste ? Pastilah blog tersebut akan sulit untuk memenangkan persaingan merebut tempat pertama SERP, karena blog tersebut pasti akan terabaikan oleh robot-robot search engine dan tidak akan ditampilkan pada hasil pencarian. Penulis dalam hal ini telah banyak mendapatkan pengalaman dari hal yang demikian itu saat mengelola blog-blog yang terdahulu, dan saat ini telah tenggelam dari hasil pencarian Google. Seburuk apapun tulisan kita, namun bilamana itu merupakan sebuah tulisan yang original, pasti akan dilirik oleh robot search engine (meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama).

Hal berikutnya yang perlu untuk mendapatkan perhatian lebih adalah proses kecepatan loading sebuah blog. Kecepatan loading blog ini sangat membantu menurunkan tingginya prosentase bounce-rate blog. Artinya, seorang pengunjung blog pasti akan segera menutup sebuah blog yang memiliki proses loading yang lama (alias lambat) dan pasti akan segera beralih kepada blog-blog dengan proses loading yang cepat (meskipun bisa jadi informasi yang didapatkannya tidak terlalu berkualitas). Bisa anda bayangkan bilamana blog anda yang telah berisi konten-konten berkualitas ditinggalkan begitu saja hanya karena tidak memiliki proses loading yang cepat. Tentu saja masalah ini akan sangat menghambat anda untuk merebut tempat pertama SERP (atau hasil pencarian berdasarkan sebuah kata kunci tertentu).

Solusi yang tepat dalam hal ini adalah dengan mempergunakan model Responsive Template yang memiliki proses loading super cepat (bila anda bisa memperolehnya). Dan bila hal itu sulit untuk dilaksanakan, maka anda masih dapat melakukan proses optimalisasi template blog yang telah anda pergunakan saat ini. Proses optimalisasi template blog ini dapat anda lakukan dengan mempergunakan bantuan atau saran-saran dari Google PageSpeed Insight.

Faktor terakhir yang perlu juga untuk mendapatkan perhatian adalah faktor Promosi Blog, hal mana harus dan wajib anda lakukan untuk membuat sebuah blog menjadi terkenal (atau minimal dikenal oleh masyarakat umum). Untuk mempromosikan blog anda, sebaiknya gunakanlah situs-situs social bookmarking yang asli produk Google, dalam hal ini Google Plus beserta bagian-bagian komunitasnya dapat anda pergunakan sebagai pilihan pertama. Maksimalkan dan manfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan oleh pihak Google tersebut untuk sharing artikel-artikel berkualitas yang ada miliki.

Selanjutnya, aktivitas anda dalam sebuah forum-forum do-follow juga ikut mendukung eksistensi blog yang anda miliki sebagai bagian dari upaya deversifikasi promosi dan backlink. Dengan menuliskan berbagai thread yang bermanfaat dan berkualitas, anda memperoleh kesempatan yang luas untuk membangun sebuah "kontektual backlink" yang langsung mengarah ke halaman home page ataupun ke halaman postingan blog anda. Ini merupakan langkah yang baik, sekali berupaya akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus.

Demikianlah uraian penulis tentang persaingan merebut tempat pertama SERP, semoga dapat bermanfaat dan berdaya guna buat pembaca sekalian.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

14 comments

Artikel ini merupakan sebuah pemaparan yang mendasar, sangat penting bagiku seorang blogger newbie.... thanks for sharing

Balas

Persaingan merebut tempat pertama hasil SERP Google (terutama) memang membutuhkan konsentrasi dan konsistensi tersendiri, terutama dalam menciptakan konten-konten baru yang berkualitas ... sukses buat adminnya .....

Balas

Keberhasilan merebut tempat pertama pada sebuah daftar hasil pencarian search engine memang memberikan peluang yang lebih besar untuk meraih kuantitas kunjungan blog. Salam sukses buat adminnya.

Balas

Mantap Gan, ane suka artikel anda ini, sangat memotivasi

Balas

dapat pengetahuan baru nih.. makasih mas

Balas

nah ini yang selalu di buru blogger

Balas

Sepertinya agan telah sukses untuk melakukan perebutan tempat pertama tersebut, hal ini terbukti bahwa Responsive Info Blog ini selalu muncul pada halaman pertama dengan dua kata kunci (keyword) yang berbeda. Salam sukses selalu.

Balas

tutorial ini sangat berguna bagi para newbie2 seperti saya...makasih banyak mas TS

Balas

Aku pun demikian, ingin rasanya punya blog yang bertengger di urutan pertama hasil pencarian search engine.

Balas

Apa bener sich .... ?? He he he he .........

Balas

Apanya yang diburu mas bro ...... ???

Balas

Semoga dapat memberikan manfaat yang lebih luas lagi ... trims atas atensi anda ...... Salam Blogger

Balas

Apa benar begitu mas bro ..... ???

Balas

Konten yang berkualitas hendaknya selalu menjadi prioritas utama bagi para blogger untuk meraih sukses ....

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger