Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Sukses Blogging untuk Blogger Pemula

Responsive Info Blog, blogger pemulaResponsive Info Blog, Blogging adalah merupakan sebuah aktivitas rutin seorang blogger yang intinya adalah melakukan aktivitas-aktivitas update blog, termasuk pembaharuan konten-konten blog dengan berbagai macam konten yang original dan berkualitas, serta sedapat mungkin selalu dibutuhkan oleh banyak orang (relatif sifatnya).

Update sebuah blog atau situs, pada dasarnya bukan hanya berkaitan dengan penulisan artikel-artikel baru saja, namun dalam hal ini juga meliputi aktivitas-aktivitas promosi blog. Sebagus apapun isi atau konten sebuah blog, bilamana tidak dibarengi dengan aktivitas promosi yang maksimal, maka hal tersebut tidak akan berarti apa-apa alias nihil. Salah satu upaya penting untuk meningkatkan promosi sebuah blog sudah seharusnya dilakukan dalam rangka untuk meraih posisi strategis sebuah blog dalam daftar hasil pencarian search engine, khususnya merebut tempat pada halaman pertamanya.

Sebagai langkah awalnya, maka anda dapat membacanya pada artikel Membangun sebuah blog yang berkualitas.

Selanjutnya, untuk menjadi sukses dalam aktivitas blogging, khususnya bagi Blogger Pemula semacam aku ini, baiknya kita menghindari hal-hal berikut ini :

#1. Jangan dulu membuat banyak blog
Blogger pemula biasanya bernafsu untuk membuat banyak blog sekaligus (pengalaman pribadi). Ia terlalu asyik mendesain blognya, tetapi mengesampingkan kualitas dan originalitas konten. Akhirnya ia repot sendiri mengurus blog-blognya itu karena kemampuannya membuat konten berkualitas masih terbatas dan memilih tindakan copy-paste blog-blog tetangga. Kemudian ia tinggalkan blog-blog tersebut karena semua blognya sepi pengunjung.

#2. Kurang konsisten
Blogger pemula mengawali aktivitas blogging biasanya hanya karena unsur coba-coba atau ikut-ikutan teman yang punya blog keren dan ramai pengunjung. Ia melakukan aktifitas blogging ini dengan semaunya saja. Blogger pemula kadang update konten dalam jumlah yang banyak sekaligus (dalam waktu yang bersamaan), tetapi beberapa hari kemudian ia tidak melakukan update konten sama sekali (hal ini masih sering aku lakukan).

#3. Minim praktek
Sebagai blogger pemula, saya masih banyak belajar sana sini untuk mendapatkan ilmu baru seputar aktivitas blogging dan SEO (search engine optimization) dari para pakar SEO di Internet. Namun, kesalahannya yaitu kurang mempraktekkan ilmu yang sudah diperoleh tersebut.

Karena kurangnya praktek, maka blognya juga sulit untuk berkembang seperti yang diharapkan. Padahal teori saja tidak cukup untuk memulai blogging, harus disertai dengan kerja keras yang nyata.

#4. Mudah bosan
Inilah yang kebanyakan terjadi pada blogger pemula, termasuk saya. Cepat bosan. Blogger pemula cenderung mengharapkan hasil maksimal dalam waktu singkat, misalnya ingin mendapatkan pengunjung ribuan dalam beberapa minggu saja sedangkan ia tidak konsisten membuat konten unik dan berkualitas.

Karena harapannya tidak sesuai kenyataan, ia merasa usahanya sia-sia, lalu ia campakkan blognya dan ia buat blog baru. Begitulah seterusnya, dan akhirnya memperbanyak jumlah blog-blog sampah di Internet.

#5. Terlalu berambisi meningkatkan trafik
Hal yang saya alami dan mungkin pernah dialami pula oleh mayoritas blogger pemula ketika memulai aktivitas blogging adalah terlalu berambisi untuk mendapatkan trafik berlimpah.

Mengapa hal ini dianggap salah ?

Karena akan cepat sampai pada titik jenuh ketika ambisinya tidak segera tercapai. Lalu ia akan meninggalkan blognya karena beranggapan usahanya tidak berhasil. Akhirnya tidak jarang dari mereka yang mengambil jalan pintas untuk meningkatkan jumlah pengunjung dengan mempergunakan cara-cara black-hat SEO. Padahal dari sekian banyak website atau blog besar, pasti akan bertumbuh dari proses yang cukup lama.

Ambisi untuk meningkatkan trafik dipandang bagus kalau dijadikan sebagai tantangan blogging yang harus dihadapi dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas menyajikan artikel-artikel baru secara rutin.

#6. Terlalu mementingkan tampilan blog
Saat mulai belajar ngeblog, yang saya perhatikan adalah tampilan luar saja (template). Saya senang gonta-ganti template agar kelihatan mewah dan ramai. Padahal hanya sedikit pembaca yang memperhatikan desain, kebanyakan dari mereka datang untuk melahap informasi yang terdapat di dalamnya. Bagaimana dengan anda ?

#7. Menulis banyak artikel pendek-pendek
Banyak yang beranggapan (termasuk saya) bahwa menulis artikel dengan panjang 300 kata sudah cukup. Namun ternyata, artikel dengan panjang hanya 300 kata justru menurunkan kesehatan blog karena bounce rate meningkat.

Di samping bounce rate meningkat, persaingan di halaman pertama hasil pencarian (SERP) Google juga cenderung dimenangkan oleh artikel dengan panjang lebih dari 1000 kata.

Pada awal ngeblog, Responsive Info Blog ini diisi dengan artikel panjang rata-rata lebih dari 1000 kata, hasilnya grafik pengunjung blog perlahan-lahan terus meningkat. Namun kemudian muncul rasa bosan (kesalahan blogger pemula poin 4), panjang artikel kembali ke 300-500 kata. Akhirnya trafik sulit naik, bahkan menurun.

7 poin di atas hanya sebagian kecil saja kesalahan yang biasa dilakukan blogger pemula saat memulai blogging. Kesalahan tersebut juga masih sering saya lakukan sampai sekarang. Apakah masih ada poin di atas yang masih anda lakukan ?

TIPS-TIPS MEMULAI AKTIVITAS BLOGGING UNTUK BLOGGER PEMULA

#1. Tentukan tujuan
Sebelum memulai aktivitas blogging, hal pertama yang harus disiapkan adalah menentukan tujuan. Apa tujuan anda ngeblog ? Untuk menyalurkan hobby menulis, menghasilkan uang dari blog, atau sekedar hanya iseng. Hal ini sangat penting agar anda tidak mengalami putus di tengah jalan.

Tujuan orang ngeblog bermacam-macam, tergantung pribadinya masing-masing. Sedangkan tujuan saya ngeblog yaitu hanya ingin berbagi informasi dan inspirasi sambil menyalurkan hobi menulis serta belajar menghasilkan uang dari internet (blog). Apa tujuan anda ngeblog?

#2. Rajin membuat artikel-artikel baru yang berkualitas
Tips memulai blogging berikutnya yaitu rutin membuat dan mempublikasikan artikel-artikel baru. Bisa 1 artikel per hari, 2 artikel per hari atau 1 artikel per 2 hari.

Kenapa harus rutin ?

Karena pengunjung dan robot mesin mencari akan selalu menemukan konten-konten segar pada blog anda. Apabila kontennya jarang diupdate, maka pengguna dan spider Google akan mengabaikan blog anda karena yang jarang melakukan update dan akan dianggap seperti rumah kosong.

#3. Rajin blogwalking dan berkomentar
Blogwalking atau jalan-jalan (berkunjung) ke blog orang lain dapat berguna untuk mencari inspirasi baru untuk menulis artikel-artikel di blog milik kita. Selain itu, blogwalking juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi dan sosialisasi dengan sesama blogger serta tempat promosi gratis blog baru kita agar lebih cepat populer di mata pengguna.

Tinggalkan komentar pada blog yang nichenya relevan dengan niche blog anda. Komentar yang baik adalah komentar yang relevan dengan isi artikel mereka, bukan sekedar basa-basi serta tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar. Tinggalkan link pada kotak yang sudah disediakan oleh admin.

Jadilah tamu yang baik agar disukai tuan rumah dan tamu yang lain. Satu lagi, tidak perlu meminta kunjungan balik (kunbal) saat berkomentar. Cukup dengan menulis komentar yang bagus dan memberi manfaat, tanpa diminta pemilik blog dan pengunjung lainnya akan meluncur ke blog anda.

#4. Belajar SEO onpage
Menurut saya, SEO adalah jurus ngeblog paling ampuh untuk mendatangkan trafik dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo!, dan lain-lain. Agar dapat mengembangkan blog menjadi besar dan populer di mata mesin pencari serta di mata pengguna internet, blogger pemula harus belajar SEO onpage dari dasar kepada pakar SEO yang betul-betul mengerti SEO.

Pada prakteknya, SEO tidak hanya mengoptimalkan blog di mesin pencari. Tetapi juga mengoptimalkan blog agar disukai pengguna. Apalagi teknik SEO terbaru yang lebih mementingkan pengalaman dan kepuasan pengguna. Google akan suka kalau pengguna menyukainya.

#5. Bergabung di forum diskusi
Blogger pemula seperti anak baru lahir ke dunia, belum dikenal oleh spider dan pengguna internet. Salah satu cara mempromosikan blog yaitu dengan bergabung di forum-forum diskusi seperti bersosial.com, kompasiana.com, forum detik, dll.

Di forum tersebut anda bisa membuat thread, pertanyaan atau membuat tanggapan. Semakin sering anda muncul di sana, maka anda akan semakin dikenal. Jangan lupa sertakan link yang mengarah ke blog anda pada signature forum.

#6. Menjadi penulis tamu
Banyak blog populer di Indonesia yang menerima kiriman artikel dari penulis tamu. Sesekali menulislah artikel hebat untuk dipublikasikn di blog orang lain. Menjadi penulis tamu di blog orang lain bisa dijadikan sarana pengenalan diri sekaligus promosi gratis serta membuat backlink natural dan berkualitas.

Kalau tulisan anda berkelas, pembaca akan penasaran untuk mencari tulisan-tulisan anda lainnya. Dengan menjadi penulis tamu, anda juga bisa merebut pengunjung blog kompetitor dengan cara yang saling menguntungkan.

#7. Fokus pada satu blog dan memiliki target
Punya blog banyak dan ramai pengunjung adalah dambaan semua blogger. Tetapi untuk pemula yang sedang memulai blogging sebaiknya fokus pada satu blog dulu. Bangun blog satu persatu sampai memiliki pengunjung setia. Setelah itu, baru membuat blog baru dengan niche dan target pengunjung yang berbeda.

Tetapkan target secara realistis dan terukur. Misalnya target posting 500 artikel selama setahun, target pengunjung selama setahun, dan lain-lain. Menentukan target pada awal ngeblog diharapkan dapat menjaga semangat ngeblog serta menyusun strategi untuk mengembangkan blog dalam jangka waktu tertentu.

#8. Hindari konten copas
Saat memulai blogging kadang kita masih kesulitan membuat artikel, tidak sedikit para blogger yang meng-copy paste mentah-mentah artikel milik orang lain agar bisa posting artikel sebanyak-banyaknya.

Hindari mempublikasikan artikel hasil copas pada blog, apalagi tidak mencantumkan link sumbernya. Buatlah artikel hasil karya sendiri, kalau ide menulis itu diperoleh dari artikel lain, sertakan link sumbernya. Tunjukkan bahwa kita seorang blogger yang tahu terima kasih.


Inspirasi :
http://banjarwangi.com/blog/2015/06/21/tips-memulai-blogging-untuk-pemula/
Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Informasi yang mantap, trims telah berbagi ilmu

Balas

Informasi yang tersedia dalam tutorial ini sangat-sangat bermanfaat, sayapun melakukan hal yang tersebut di atas pada awal mula melakukan aktivitas blogging.
http://bloggerblog67.blogspot.com

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger