Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Viral Blog, Solusi SEO masa kini

Blog Info, viral blogBlog Info. Berbicara tentang SEO (search engine optimization) sangat banyak memiliki pola-pola optimasi yang sangat sulit untuk dibakukan, karena perbedaan kondisi masing-masing blog yang terkait. Untuk itu pada artikel kali ini saya akan menuliskan sebuah pemikiran tentang Viral Blog, Solusi SEO masa kini.

Berbicara tentang Viral Blog, tentunya berkaitan dengan masalah kualitas sebuah blog yang tentu saja dalam hal ini tidak dapat dipisahkan dengan kualitas konten atau postingan-postingan blog. Semakin tinggi kualitas konten sebuah blog, maka hal ini otomatis akan membuka peluang yang besar untuk menjadikan blog tersebut Viral di dunia maya.

Sebenarnya apa sih Viral itu? Viral lebih dikenal sebagai metode penyebaran pesan dengan menggunakan teknologi, baik itu internet maupun mobile. Viral erat kaitannya dengan konten-konten blog yang berkualitas dan original. Seseorang menerima e-mail atau pesan SMS dari kenalan atau dari suatu institusi, Ia merasa kalau konten dari e-mail atau SMS itu bisa bermanfaat pula untuk rekan-rekannya, maka ia lalu mengirimkan konten serupa itu ke e-mail atau SMS temannya. Bisa saja ia mengirim ke satu orang teman, bisa pula ia mengirim ke puluhan temannya. Proses penyebaran konten dengan model seperti inilah yang dikenal dengan sebutan Viral.

Kalau dianalogikan di dunia nyata, metode Viral ini mirip dengan "word of mouth". Misalnya kita membeli suatu barang dan kita sangat puas terhadap barang tersebut maka biasanya kita akan menceritakannya kepada orang lain, kemudian orang yang kita ceritakan tersebut penasaran dan ingin mencobanya. Saat orang tersebut merasakan puas seperti kita maka kemungkinan dia akan mereferensikannnya kepada temannya atau orang lain. Mirip dengan model gosip, info tersebut kemungkin akan menyebar kemana-mana dari mulut kemulut-orang. Jawa bilang "gethok tular". Seperti itulah Viral, hanya saja bedanya, konteks Viral di dunia blogging menggunakan fasilitas teknologi, yaitu dengan media sebuah blog dengan sarana berbagai Media Sosial.

Viral Marketing.

Viral Marketing digunakan untuk memberikan kesempatan kepada konsumen guna mendapatkan rupiah. Karena saat ini sebagian besar yang menikmati rupiah dari iklan hanya Media cetak dan elektronik. Konsumen hanya ikut menikmati hasil dari iklan/promosi kalau produsen mengadakan undian dan inipun hanya beberapa orang saja yang dapat memenangkannya.

Peluang menggunakan Konsep Viral Marketing saat ini sangat bagus, karena mengenai kualitas produk kebanyakan konsumen sudah menganggap semua berkualitas, bonus atau undian inilah yang sekarang menjadi daya tarik konsumen untuk menjadi bahan pertimbangan membeli atau tidaknya suatu produk. Semakin besar peluang konsumen mendapatkan bonus maka antusiasme konsumen untuk menggunakan atau membeli produk tersebut juga semakin besar.

Bila saat ini anda memiliki produk pertimbangkanlah untuk memasarkannya juga lewat konsep Viral Marketing ini atau menitipkan produk anda ke perusahaan yang telah menggunakan konsep Viral Marketing. Bila anda saat ini seorang konsumen, kini saatnya menjadi konsumen yang mendapatkan bonus dengan mengalihkan belanja kebutuhan kita pada perusahaan yang menerapkan Viral Marketing.

Viral Blog.

Viral Blog pada dasarnya merupakan sebuah blog dengan kandungan konten-konten yang berkualitas dan original sebanyak hampir 90 % atau lebih, dengan mayoritas konten-konten tersebut menempati halaman pertama pada daftar hasil pencarian search engine (SERP) berdasarkan sebuah kata kunci tertentu. Intisari penilaian Viral Blog ini terletak pada kualitas konten-konten yang dimilikinya, serta posisinya pada daftar hasil pencarian search engine.

Ciri-ciri Viral Blog adalah :
a. Mayoritas konten-kontennya mampu menempati halaman pertama dari daftar hasil pencarian search engine.
b. Memiliki jumlah kunjungan yang banyak dalam satu harinya, serta prosentase "bounce rate" nya sangat kecil.
c. Menjadi panutan blog-blog lain yang ada di dunia internet.
d. Memiliki proses optimasi blog yang maksimal dengan cara-cara yang wajar dan tidak berlebihan.
e. Memiliki jumlah backlink dari berbagai blog atau situs yang berkualitas tanpa harus menjalankan praktek-praktek Black Hat SEO.
f. Banyak dibicarakan di dalam berbagai situs-situs Media Sosial yang ada.
g. Memiliki desain template blog yang bagus (tidak berlebihan) serta memiliki tingkat kecepatan loading blog yang tinggi.
h. Kalau dulu (sebelum tahun 2013), sudah pasti memiliki pagerank yang tinggi.


Efektivitas Viral Blog di dunia SEO.
Proses optimasi SEO blog pada dasarnya adalah untuk satu tujuan, yaitu menempatkan blog tersebut pada peringkat teratas pada sebuah daftar hasil pencarian oleh search engine. Proses optimasi SEO blog ini erat kaitannya dengan kualitas konten sebuah blog. Apa jadinya proses optimasi SEO tersebut bilamana dilakukan untuk blog yang tidak berkualitas artinya dilakukan untuk blog-blog yang mayoritas memuat artikel-artikel blog sebagai hasil dari copy paste artikel orang lain ? Sungguh merupakan sebuah hal yang ironis dan sangat membuang-buang waktu serta tenaga.

Algoritma Google pun untuk saat ini telah semakin pandai untuk menempatkan serta mengurutkan posisi sebuah konten (postingan blog) berikut dengan blog yang bersangkutan dalam sebuah daftar hasil pencariannya. Secara otomatis, konten-konten yang original dan berkualitas dalam hal ini memiliki peluang yang sangat besar untuk mampu bertengger pada posisi teratas dari daftar hasil pencarian Google ini.

Dengan kita memiliki Viral Blog, maka kita tidak perlu terlalu dipusingkan dengan berbagai macam praktek SEO blog dengan proses yang sedemikian rumitnya. Cukuplah kita mempertahankan kualitas dan originalitas konten-konten blog yang bersangkutan, maka posisi pada daftar hasil pencarian akan mengikut dengan sendirinya. Hal ini senada dengan adanya idiom "Content is The King".

Bagi saya pribadi, kualitas dan originalitas konten Blog Info ini adalah segala-galanya dan otomatis akan mendapatkan perhatian yang paling utama. Sedangkan praktek-praktek SEO blog hanyalah merupakan sarana pendukung saja, namun tetap dan wajib untuk dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan sifatnya.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Aku jadi pengin punya Viral Blog mas bro ...., terima kasih atas sharing artikelnya

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger