Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Cara Memilih Penggunaan Template Blog yang baik

Info Blog, template bannerInfo Blog, pada artikel kali ini ingin berbagi tips tentang "Cara Memilih Penggunaan Template Blog yang baik" dalam hal mana proses pemilihan template ini menjadi penting, karena merupakan faktor utama dan penentu perkembangan sebuah blog di masa mendatang. Banyak blogger yang tidak menyadari bahwa penggunaan dan pemilihan sebuah template blog tersebut sangat berpengaruh pada fitur optimasi mesin pencari (SEO), yang sangat menentukan muncul tidaknya sebuah blog pada daftar halaman SERP (search engine result page).

Pemilihan sebuah template blog memang tidak bisa kita pandang sebelah mata, terutama berkaitan dengan struktur meta data dan tingkat kecepatan loading template tersebut. Dalam kacamata SEO kedua hal ini menjadi faktor utama sebelum membahas tampilan sebuah template. Kalau anda melihat sebuah website profesional maka anda akan tahu tampilan di website tersebut mungkin terkesan simple dan terkesan apa adanya tanpa ditambahi widget-widget yang memberatkan website tersebut. Berikut ini merupakan saran tentang pemilihan template blog yang mungkin bisa anda pertimbangkan :

1. Perhatikan Meta Data Template
Meta Data atau Meta struktur perlu anda perhatikan dengan baik karena hal ini langsung berpengaruh pada masalah bagaimana robot bot (search engine) bisa mengcrawling semua konten blog anda dengan baik, banyak tool-tool online yang disediakan di internet, salah satunya menggunakan tool dari webmaster google, saya sering menggunakan tool dari webmater google ini untuk mendeteksi agar meta struktur dalam template bisa sempurna dan tidak terjadi error. Yang perlu anda perhatikan dari struktur data ini adalah :

a. Breadcumb adalah meta struktur data yang sangat disarankan oleh semua webmaster, dengan adanya breadcumb spider bot akan mudah untuk menjamah template anda.

b. Meta Header, sering sekali para pakar SEO menyarankan untuk membuat meta header yang baik karena robot bot pertama kali melihat header dulu sebelum melihat konten, biasanya meta header meliputi title, meta tag, meta description, meta keyword, rel canonical dan meta robot. Untuk itu sebelum anda memilih template lihatlah hal ini.

c. Struktur Meta Pendukung lainnya seperti WPheader, WPblogpost, WPsidebar dan WPfooter sangat di sarankan sekali oleh webmaster, untuk melihat hal-hal ini anda bisa buka webmster tool di menu Tampilan Penelusur ⇒ Data Terstruktur.

Contoh hasil analisa Struktur Meta Data yang baik seperti gambar di bawah ini  :

Info Blog, struktur data no-error

Pada contoh gambar tersebut jelas terbaca bahwa dari 279 items (postingan blog yang telah terindeks) terdapat 0 items with errors. Artinya, dari segi struktur data, template yang dipergunakan sangat sempurna.

2. Faktor Kecepatan Loading Template Blog.
Tujuan utama dari kecepatan loading template blog yang maksimal adalah untuk memudahkan proses crawling oleh spider search engine maupun membantu meningkatkan pengalaman pengunjung blog. Dalam hal ini jelaslah bahwa seorang pengunjung yang datang, tentu saja tidak akan pernah ingin menunggu terlalu lama hanya untuk mengakses sebuah informasi yang ada pada sebuah blog.

Salah satu online tool yang dapat kita pergunakan untuk mengukur tingkat kecepatan loading template blog ini adalah GT Metrix. Dan contoh hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini  :

Info Blog, analisa gtmetrix

Dalam gambar tersebut ditunjukkan hasil analisa PageSpeed Score : A (94%) ; YSlow Score : B (80%) dan yang terpenting adalah Page Load Time : 1.9 sc (tidak sampai 2 detik).

Fasilitas lain yang dapat dipergunakan untuk mengukur tingkat kecepatan loading template blog ini adalah dengan menggunakan Google PageSpeed Insight.

Baca juga artikel tentang : Struktur Dasar Template sebuah blog.

3. Tingkat Responsivitas Template Blog.
Algoritma Google MobileGeddon menghendaki pemakaian Responsive Template pada sebuah blog untuk menentukan peringkatnya pada sebuah halaman pencarian. Dengan demikian, mulai tahun 2015 ini (tepatnya sejak tanggal 21 April 2015), faktor responsivitas sebuah template blog menjadi tolok ukur utama untuk menentukan kredibilitas sebuah blog. Untuk menguji tingkat responsivitas template blog anda, dapat dipergunakan situs Google Mobile Friendly

Berikut ini adalah contoh hasil pengujian dengan mempergunakan online tool tersebut  :

Blog Info, analisa mobile friendly

Komentar yang muncul adalah : Mengagumkan ! Laman ini mobile-friendly.

4. Analisa Tingkat SEO Score-nya.
Sebuah template blog yang bagus, tentu memiliki nilai SEO (SEO score) yang maksimal atau bernilai 100%, dan hal ini akan sangat membantu pemilik blog untuk mengembangkan sekaligus menaikkan tingkat popularitas blog yang bersangkutan. Untuk menganalisanya, anda dapat mempergunakan online tool chkme.com. Contoh hasil sempurna yang ditunjukkan adalah seperti gambar di bawah ini :

Info Blog, seo score

5. Memilih Font User Friendly
Dalam banyak kasus font adalah hal yang paling serius di perhatikan oleh semua pengguna template, banyak pilihan font dari google namun anda harus lebih berfokus memilih font user friendly saja, gaya tulisan beraneka ragam kemungkinan tidak akan banyak yang suka, selain itu pemilihan font yang kurang user friendly dapat berakibat memperberat loading blog, anda bisa menggunakan font dasar seperti Arial, Tahoma, Giorgia, Impact dan Verdana. Font-font ini adalah font default dari internet sendiri, tentu dengan font ini tidak akan memperberat loading blog.

6. Memilih Tampilan Template Blog.
Analisa terhadap model tampilan template blog saya letakkan pada bagian akhir, karena fitur ini hanya merupakan penunjang dari keseluruhan aspek yang telah saya uraikan di atas. Artinya tampilan sebuah template blog tidak sepenuhnya berpengaruh pada hasil SERP. Sekedar saran, pilihlah tampilan template blog yang didominasi dengan warna-warna soft agar tidak mudah melelahkan mata pengunjung, selain itu pilihlah template blog yang mempergunakan fitur navigasi yang ergonomis artinya mudah untuk diakses dan dipergunakan.

7. Pilihlah template blog yang tidak banyak mempergunakan Text Javascript.
Pemakaian text Javascript yang banyak dalam sebuah template blog akan berpotensi untuk menghambat proses rendering blog dan memperlambat waktu loading blog. Pertimbangkan masalah ini agar blog anda dapat tampil secara cepat dan maksimal.


Demikianlah uraian penulis tentang Cara Memilih Penggunaan Template Blog yang baik, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger