Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Alamak, masuk jebakan Sandbox juga ...

Info Blog, setelah beberapa saat merasa lega, namun perasaan itu hilang juga ketika mendapati blog aku ini masuk jebakan Google Sandbox juga (untuk yang kesekian kalinya). Jebakan pasir hisap Google ini memang sedikit menjengkelkan. Membuat aku tidak bisa beristirahat untuk jangka waktu yang agak lama. Belum genap satu bulan, blog aku ini sudah dua kali masuk perangkap Sandbox ini. Wah .... sumpek juga perasaan hati ini ......, mengapa tidak .... lihat aja bukti gambar di bawah ini  :

Info Blog, Masuk Sandbox

Komentar yang nyata terlihat bahwa blog aku ini terkena "penalized" atau "sandboxed" oleh pihak Google. Apa itu "penalized" dan apa itu "sandboxed" ?? Berikut ini penjelasan rincinya  :

Deindexed - When your domain is completely removed from Google. Also known as Banned.

Penalized - When your domain or page still exists but none of your pages can be found through very direct search queries.  This penalty can be automatic through the Google algorithm or manually applied by a Google Quality Engineer.

Sandboxed - Your domain or page wasn't Deindexed or Penalized, but the traffic you were getting from Google suddenly drops dramatically.

Ah .... sompret ... pakai bahasa Inggris lagi ... ? Apa artinya itu pak ...... ? Ini arti harafiahnya  :

Deindexed - Ketika domain Anda benar-benar dihapus dari Google. Juga dikenal sebagai Banned.

Dihukum - Ketika domain Anda atau halaman masih ada tapi tidak ada halaman Anda yang dapat ditemukan melalui permintaan pencarian yang sangat langsung . Hukuman ini dapat otomatis diterapkan melalui algoritma Google atau diterapkan secara manual oleh Insinyur Google Yang Berkualitas.

Sandbox - Domain Anda atau halaman tidak deindexed atau Penalized, tapi lalu lintas atau traffik blog yang Anda peroleh dari Google menurun drastis secara tiba-tiba.

Lah apa sebabnya ? Aku tidak melakukan hal apapun .... bahkan sudah satu minggu ini belum sekalipun aku melakukan update artikel blog. Dan ketika aku check pada ikhtisar kunjungan blog (pada blogger.com), hasilnya seperti gambar di bawah ini  :

Info Blog, Banner Penayangan

Dari gambar tersebut terlihat jelas kuantitas penayangan menurun drastis sejak tanggal 12 September 2015 hingga artikel ini diterbitkan. Apakah ini yang dimaksudkan oleh Google dengan penurunan traffik blog yang drastis secara tiba-tiba. Ah ... masa iya sih ..., dasar aku ini termasuk blogger "BALITA" (belajar - lihat - cari tahu), maka aku lakukan investigasi melalui jalur Google Webmaster, sehingga aku mendapatkan sebuah titik terang. Hasil investigasi tersebut seperti gambar di bawah ini :

Info Blog, Banner Error

Nah itu .... jelaskan ?! Ternyata ada terdapat 2 (dua) error not-found dalam struktur internal blog aku ini. Dampak jelasnya adalah munculnya peringatan seperti gambar di bawah ini (error 404) :

Info Blog, Error 404

Akhirnya ...., ketahuan juga biang keroknya ..... error 404 yang menjadi sebab utama blog aku ini masuk pasir hisap (sandbox) Google.

Penyebab Google Sanbox sebuah penalty dari Google adalah :
- Over optimasi atau melakukan berbagai optimasi berlebihan.
- Backlink yang tidak wajar.
- Artikel/postingan Copy paste ( copas ).
- Artikel/postingan Duplicate content.
- Artikel yang terdapat Broken link/link rusak.

Untungnya Info Blog ini mengalami sebab-musabab terkena sandbox Google karena adanya dua url postingan yang tidak jelas (broken link atau rusak).


Cara mengatasi dan keluar dari Google Sandbox bisa mencoba beberapa hal seperti di bawah ini :

- Cobalah kurangi beberapa teknik SEO ( search engine optimazion ) yang terlalu berlebihan/over.

- Carilah backlink dari yang situs atau blog yang memiliki pagerank tinggi namun jangan berlebihan dalam pencarian backlink tersebut.

- Bila Google sandbox pada artikel/postingan hasil copy paste, cobalah edit postingan tersebut atau bisa juga postingannya di hapus.

- Jika Google sandbox pada postingan yang terdapat duplicate content, segera edit postingan tersebut.

- Bila Google sandbox terjadi pada postingan yang terdapat link rusak/broken link, perbaiki linknya atau arahkan pada situs yang sehat/permanen.

- Buatlah postingan baru yang original, kemudian masukan juga link postingan yang terkena Google sandbox tersebut.


Dan bilamana anda ingin mendapatkan solusi yang lebih jelas, silahkan mengunjungi halaman ini :

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Masih kena sandbox juga nih ... tapi blog agan saya cek ternyata sama kena sandbox :/ ...


www.bloggermax.com

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger