Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Kualitas SEO vs Kuantitas Pengunjung Blog

Info Blog, pada kesempatan kali ini mencoba berbagi opini tentang "Kualitas SEO vs Kuantitas Pengunjung Blog", dua faktor penting dalam upaya pengelolaan sebuah blog agar dapat berkembang dan populer baik di mata search engine maupun di mata pengunjung blog. Memiliki sebuah blog dengan kualitas SEO yang tinggi ditambah dengan kuantitas pengunjung blog yang banyak pada dasarnya merupakan cita-cita atau impian semua blogger (termasuk saya sebagai pemula ini). Namun banyak blogger yang kurang menyadari bahwa kedua faktor tersebut tidak dapat dilakukan hanya dengan 1 (satu) aktivitas blogging. Kedua hal tersebut membutuhkan 2 (dua) aktivitas blogging yang berbeda (meskipun dapat dilakukan dalam satu rangkaian kegiatan).
 
Info Blog, Blogger Banner

Banyak blogger memiliki ekspektasi yang berlebihan manakala ia telah menerapkan optimasi SEO yang sedemikian rupa dengan alasan untuk mendapatkan jumlah kunjungan yang banyak. Harapan tersebut sah-sah saja, namun menurut kacamata pribadi saya, segala macam bentuk upaya optimasi SEO ini memiliki tujuan utama untuk menempatkan sebuah blog atau halaman blog pada sebuah posisi tertentu dari hasil pencarian search engine, dan bukan untuk meraih visitor blog dalam jumlah besar. Untuk meraih pengunjung blog tentu saja perlu dilakukan upaya-upaya lain yang lebih proporsional sifatnya.

Contoh gampang dari kasus ini adalah : Kita ingin mengundang orang untuk datang berkunjung ke rumah kita pada sebuah acara tertentu. Untuk memuluskan rencana tersebut, maka kita memperbaiki rumah agar terlihat bagus dan bersih. Tentu saja langkah ini sia-sia, kalau kita ingin mengundang orang, sudah seharusnya kita melayangkan undangan, dan bukan memperbaiki rumah.

Demikian halnya dalam aktivitas di dunia blogging, bila kita ingin mendapatkan banyak visitor blog, tentu saja tidak dengan menerapkan praktek-praktek optimasi SEO, melainkan kita harus dan wajib melakukan upaya-upaya sosialisasi dan atau promosi blog (bisa juga halaman postingan blog) dengan memanfaatkan berbagai macam media promosi yang ada (termasuk media sosial, periklanan ataupun forum-forum bersosial yang ada).
 

Mana yang lebih penting : Kualitas SEO atau Kuantitas Pengunjung Blog ?

Bagi saya pribadi keduanya sama-sama penting dalam setiap aktivitas pengelolaan sebuah situs atau blog. Kualitas SEO yang maksimal akan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan search engine, sementara jumlah pengunjung blog yang banyak akan meningkatkan popularitas blog yang sedang kita bangun. Keduanya sama-sama penting demi perkembangan blog secara umum.

Namun sebaliknya, bilamana kita lebih concern dengan faktor kualitas situs atau blog, maka kualitas SEO menjadi pilihan pertama. Upaya optimasi SEO yang maksimal pada akhirnya akan mampu menempatkan sebuah blog (halaman blog) pada posisi ber-kasta tinggi dalam sebuah daftar hasil pencarian search engine. Posisi yang sedemikian ini berpotensi untuk mendatangkan jumlah klik yang banyak dari calon-calon pengunjung blog. Selanjutnya upaya-upaya promosi hanya bersifat memberi dukungan semata, namun bukan berarti tidak perlu dilakukan.

Terlepas dari faktor kualitas konten, sebuah halaman blog yang memiliki kasta tertinggi pada sebuah daftar hasil pencarian, untuk sementara waktu dapat kita persepsikan sebagai sebuah konten yang mampu berkomunikasi dengan search engine secara lebih maksimal dibandingkan dengan konten-konten yang lainnya. Untuk mencapai posisi demikian itu dibutuhkan upaya-upaya optimasi search engine secara lebih maksimal. Namun perlu juga diwaspadai, untuk saat ini berbagai search engine (termasuk Google) bukanlah robot yang dapat dengan mudah untuk dikelabui. Sebuah halaman postingan blog hasil copy paste, bila dioptimasikan secara maksimal tentu akan memiliki strata tertinggi pada sebuah daftar halaman pencarian. Namun posisi tersebut tidak akan dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama, atau cenderung hanya bersifat sementara waktu. Secara lambat namun pasti, robot search engine tentu akan menyadari kondisi postingan tersebut (tidak berkualitas), dan tentu saja akan menghilangkannya dari proses crawling atau indexing, dengan dampak akhirnya hilang lenyap dari daftar pencarian.

Berbicara tentang kuantitas pengunjung blog, sebagai seorang blogger kita tentu saja harus selalu berusaha agar kuantitas kunjungan blog yang besar ini tidak hanya bersifat temporer (booming hanya untuk kurun waktu tertentu dan setelah itu lenyap), kalau mungkin kuantitas kunjungan ini dapat kita pertahankan untuk jangka waktu yang lama atau permanen (bila memungkinkan). Cara satu-satunya adalah selalu berupaya melakukan update artikel dengan sesuatu yang fresh dan berkualitas. Kenapa saya sebut dengan istilah "fresh", hal ini lebih mengacu pada statement Matt Cutts pada sekitar tahun 2014 lalu, bahwa 25%-30% konten blog adalah duplikat konten. Oleh karenanya sangatlah sulit bagi kita untuk menuturkan sesuatu hal secara "benar-benar original". Benar-benar original di sini lebih mengacu kepada kondisi belum pernah ada dan belum pernah dipublikasikan di internet. Istilah "fresh" tersebut lebih fleksibel karena kita akan selalu berusaha membahas sebuah topik dari sudut pandang yang berbeda dengan kebanyakan yang ada.

Satu hal yang perlu saya tekankan sebagai akhir dari postingan ini adalah, kuantitas pengunjung blog tidak selamanya dapat dikonotasikan untuk menggambarkan tingkat kualitas sebuah situs atau blog tersebut. Sebagai contoh : Facebook (sebagai sebuah situs jejaring sosial), dalam satu hari mampu mendatangkan pengunjung hingga jutaan orang, namun bila kita cermati isi postingan mayoritas pengunjung yang datang sangatlah jauh dari unsur kualitas (berdasarkan parameter umum). Mayoritas pengunjung lebih suka menampilkan foto-foto dirinya atau kelompoknya atau sekedar menuliskan update status yang tentu saja tidak banyak dibutuhkan oleh orang lain (alias tidak terlalu bermanfaat).

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

informasi yang dibutuhkan oleh pembaca dan berada di top search tentu logikanya akan menghasilkan traffic yang organik..

salam blogger.

Balas

Harapan ideal seorang blogger memang demikian .., namun pada faktanya harapan itu tidak selalu seuai dengan kenyataan. Posisi sebuah blog pada urutan atas hasil search engine memang berpotensi besar untuk mendapatkan sejumlah Visitor Organik dari search engine. Salam persahabatan kembali.

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger