Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Apa yang membuat blog jadi berkualitas .. ?

Blog Info, Banner TanyaBlog Info dalam artikel ini akan sedikit berbagi pemikiran tentang "Apa yang membuat blog jadi berkualitas .. ?", yang mana pada dasarnya pertanyaan ini sering menghantui pikiran aku pribadi, tentu saja dalam upaya untuk meningkatkan eksistensi blog yang sedang aku kelola ini. Banyak sudah para blogger yang telah membahas masalah ini, namun dalam pandangan saya semuanya masih didasarkan pada tingkat subyektifitas tertentu yang kadang kala sulit diterapkan untuk sembarang blog. Oleh karenanya dalam postingan ini saya mencoba untuk mengulasnya secara lebih obyektif.

Berbicara tentang derajat kualitas sebuah blog, merupakan hal yang relatif sifatnya tergantung dari sisi mana kita memandangnya. Derajat kualitas sebuah blog yang murni berkaitan dengan penghasilan pemiliknya tentu tidak akan dapat disamakan dengan derajat kualitas sebuah blog personal atau blog yang tidak berorientasi kepada bisnis semata. Namun dari perbedaan kacamata pandang tersebut, setidaknya dapat ditarik sebuah persamaan penting, yaitu : blog atau situs yang berkualitas tentunya dapat membina komunikasi yang baik dengan search engine maupun pengunjungnya (terlepas dari kualitas konten atau halaman posting yang dimilikinya).

Secara ideal dapatlah kita memaknainya dengan hal berikut ini : sebuah blog atau situs yang berkualitas sudah barang tentu memiliki halaman-halaman postingan atau konten-konten blog yang berkualitas pula. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah : apa parameter sebuah konten atau postingan yang berkualitas tersebut ? Nah ... ini pertanyaan yang agak sulit untuk dijawab, karena dalam hal ini Google (sebagai raksasa search engine) pun belum pernah mengeluarkan apa yang dapat disebut dengan standart kualitas sebuah postingan blog atau artikel blog. Kebanyakan blogger yang menuliskan tentang hal ini hanya bersifat menerka-nerka saja tanpa memiliki pengetahuan yang valid tentang hal tersebut.


Parameter kualitas untuk blog-blog Monetized.
Tandart kualitas untuk blog-blog yang berorientasi kepada sebuah penghasilan tertentu jelas saja tidak dapat dilepaskan dari faktor traffic blog maupun pageviews blog yang bersangkutan. Hal ini sudah lumrah, karena berkaitan dengan tujuan pembentukan blog pada mulanya. Sebuah blog yang sepi pengunjung tentu tidak akan menarik untuk dijadikan ladang mengais rupiah (baca penghasilan) dalam jumlah yang besar. Faktor jumlah kunjungan dan jumlah halaman yang dibuka memegang peranan penting dalam hal ini.

Untuk jenis-jenis blog yang demikian ini, maka parameter Alexarank menjadi faktor utama yang dijadikan bahan analisa bagi para calon pemasang iklan. Jumlah kunjungan yang banyak dalam sebuah situs atau blog setidaknya membuka peluang yang besar agar iklan yang terpasang mendapatkan "klik" dari sejumlah pengunjung yang bersangkutan. Faktor Alexarank setidaknya menjadi magnet yang kuat untuk mendapatkan pemasang iklan dalam jumlah yang banyak.


Parameter kualitas untuk blog-blog pribadi.
Berbeda dengan blog-blog yang memang sengaja dibuat untuk menghasilkan sejumlah rupiah, standar kualitas blog-blog pribadi ini lebih berorientasi kepada masalah kondisi konten atau artikel-artikel blog yang bersangkutan. Artikel-artikel yang fresh dan bukan hasil copy paste setidaknya dapat dipergunakan sebagai tolok ukur utamanya. 

Selanjutnya, kasta tertentu dalam sebuah halaman pencarian SERP juga dapat kita pergunakan sebagai parameter untuk menilai tingkat kualitas sebuah blog. Sebuah blog yang memiliki banyak artikel di posisi halaman hasil pencarian SERP berdasarkan kata kunci tertentu, maka secara otomatis akan menghantarkan blog atau situs tersebut (secara keseluruhan) mampu merebut peringkat tertentu pada halaman pertama hasil pencarian search engine (SERP).


Parameter umum kualitas sebuah situs atau blog.
Selain perbedaan parameter-parameter yang dipergunakan untuk menilai kualitas sebuah blog atau situs, setidaknya terdapat beberapa faktor umum yang dapat kita pergunakan untuk menilai derajat kualitas sebuah situs atau blog  :

1. Konten yang fresh dan berkualitas.
Esensi dasar sebuah blog adalah terletak pada sejumlah postingan-postingan blog yang bersangkutan, semakin banyak halaman postingan yang berkualitas (bukan hasil copy paste, serta memiliki relevansi antara judul dan pembahasan), maka sudak sepantasnya blog tersebut menyandang predikat berkualitas dalam kadar tertentu.

2. Kecepatan Loading Blog.
Sebuah situs atau blog yang memiliki tingkat kecepatan akses atau loading yang tertentu, dapat pula kita klasifikasikan sebagai sebuah situs atau blog yang berkualitas, karena dalam hal ini mampu memberikan layanan yang cepat, baik kepada pengunjung maupun kepada search engine dalam rangka mengakses keseluruhan isi halaman blog yang bersangkutan.

3. Jumlah Backlink berkualitas.
Perolehan sejumlah backlink dari situs-situs atau blog-blog yang berkualitas (memiliki reputasi tinggi) tentunya dapat pula kita pergunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kadar kualitas sebuah situs atau blog. Permasalahannya bukan terletak pada banyak sedikitnya backlink yang berhasil dikumpulkan, namun lebih kepada faktor "Backlink yang berkualitas". Meski sedikit namun berkualitas akan lebih bagus dibandingkan dengan jumlah yang banyak namun tidak berkualitas.


Demikianlah opini pribadi saya tentang apa yang membuat sebuah blog jadi berkualitas, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Kalau menurut pendapat saya, sebuah blog itu berkualitas bilamana mampu berkomunikasi secara positif baik dengan search engine maupun dengan pengunjung blog. Terima kasih.

Balas

Kalo masih pemula baca ginian jadi pusing yah. Hehe harus belajar banyak nih. ☺

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger