Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Mendapatkan Rupiah dari aktivitas Blogging

Responsive Info Blog, aktivitas bloggingResponsive Info Blog. Sukses untuk mendapatkan rupiah dari aktivitas blogging adalah merupakan dambaan setiap blogger yang concern dengan aktivitas bloggingnya. Untuk dapat meraih sukses yang demikian ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, butuh kerja keras, disiplin yang tinggi, fokus kepada tujuan akhir, serta memiliki komitmen yang tinggi dalam upaya mengembangkan blog yang dimiliki. Dalam kaitan ini, kemampuan untuk menuangkan ide dalam sebuah tulisan yang berkualitas saja tidaklah cukup. Masih banyak hal-hal lain yang setidaknya kita ketahui, dan akan lebih baik lagi bilamana kita dapat menguasainya.

Senjata utama untuk dapat menghasilkan rupiah dari aktivitas Blogging adalah kepemilikan terhadap sebuah blog yang berkualitas baik di mata visitor (pengunjung) maupun di mata search engine (mesin telusur). SEO OnPage dan SEO OffPage juga dapat dipergunakan sebagai senjata tambahan yang melengkapi senjata utama tersebut di atas.

Berikut ini penulis akan mencoba memberikan sedikit masukan untuk mencapai tahapan sukses meraih rupiah dari aktivitas blogging, sebagai berikut :


1. Memulai aktivitas blogging dengan blog gratisan.
Tidak perlu anda merasa malu untuk mempergunakan sebuah blog gratisan (ex. platform blogger) untuk mengawali sebuah aktivitas blogging. Banyak juga para blogger yang dapat dikatakan sukses juga mempergunakan blog gratisan semacam blogspot ini. Dengan mempergunakan blog gratisan ini anda akan menghemat pengeluaran untuk mendapatkan pendidikan dan pengertian tentang masalah-masalah di seputar aktivitas blogging, semacam disain template blog, praktek-praktek optimasi blog, upaya-upaya untuk meraih jumlah pengunjung blog dalam jumlah yang banyak dan lain-lain.

Baca artikel ini : Tips belajar ngeblog untuk Pemula.


2. Mulai belajar membuat sebuah artikel sendiri.
Aktivitas utama di dunia blogging adalah menuangkan ide dalam sebuah tulisan yang sedapat mungkin bermanfaat bagi banyak orang atau pembacanya. Tanamkan pada diri anda sendiri bahwa kita menulis sebuah artikel adalah untuk kepentingan para pembaca dan bukan untuk kepentingan search engine (mesin telusur). Dengan dasar pola pemikiran yang demikian ini, maka kita akan selalu berusaha untuk menyusun dan membuat artikel-artikel yang berkualitas, dalam arti artikel yang benar-benar original dan bukan hasil copy paste. Artikel-artikel yang merupakan hasil copy paste ini pada dasarnya akan menjadi semacam "bom waktu" bagi blog anda sendiri, karena bilamana blog anda semakin populer, maka hal ini akan mempercepat blog anda dihapus dari peredaran di dunia maya.



3.  Pelajari Tehnik Disain Blog dengan baik.
Ilmu yang dapat dipelajari dari aktivitas blogging salah satunya adalah mengenal script template halaman blog sebagai bekal awal untuk berinteraksi dengan desain blog dan pendukung SEO (search engine optimization). Dengan mengenal serta memahami hal tersebut kita kan menjadi tahu tentang konsep-konsep desain blog atau situs sesuai dengan yang kita inginkan agar nantinya dapat menjadi seorang blogger yang profesional.

Beberapa script atau bahasa program yang berkaitan dengan halaman blog atau situs yang dapat kita pelajari adalah :

a. Script HTML (bahasa wajib yang harus dipelajari).
Script HTML ini tidak hanya diperlukan saat kita ingin terjun di dunia bisnis online.  Untuk memperindah tampilan blog,  sedikit banyak akan menuntut kemampuan kita dalam mengedit kode - kode HTML. Walaupun kita menggunakan blog engine seperti Wordpress yang mempunyai plugin - plugin yang lengkap, namun sering kali kita harus mengedit sidebar atau bagian lainnya, menempatkan kode HTML, mengedit kode warna HTML, menempatkan tabel dan banyak kasus lainnya yang mengharuskan kita menguasai dasar - dasar kode  atau script HTML.

Pengertian HTML secara awam seperti saya adalah "serangkaian kode - kode bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun website yang akan membentuk halaman - halaman situs setelah dionlinekan ke internet".

Struktur kode HTML yang harus selalu ada di setiap template blog/situs adalah:

<html>
<head>
<title>Tulis Judul Anda di Sini</title>
<meta name="description" content="tulis deskripsi/penjelasan singkat situs anda di sini">
<meta name="keyword" content="tulis kata kunci halaman anda di sini">
</head>
<body>
Di sini adalah konten / isi halaman anda
</body>
</html>

b. Script CSS (berfungsi untuk mendesain atau mendekorasi halaman blog atau situs sekaligus penataannya).
CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. Kalau baca di kamus, cascading itu artinya air terjun. Tapi dalam hal ini, yang di maksud adalah, aliran dari suatu kode ke kode lain yang saling berhubungan. Jadi kalau di tulis lengkap dalam bahasa Indonesia kira-kira arti CSS adalah: kumpulan kode-kode yang berurutan dan saling berhubungan untuk mengatur format / tampilan suatu halaman HTML.

c. Text Javascript.
JavaScript adalah bahasa pemrograman yang bisa disisipkan ke HTML seperti halnya PHP akan tetapi javascript berjalan di sisi Client, misalnya, jam ditampilkan pada halaman yang update sendiri untuk menunjukkan waktu saat ini pada komputer pengguna.

Desain JavaScript dipengaruhi oleh banyak bahasa pemrograman, termasuk C, tetapi dimaksudkan untuk lebih digunakan oleh non-programmer. JavaScript tidak didasarkan pada atau terkait ke Java, ini adalah kesalahpahaman umum. JavaScript seringkali disertakan dalam file HTML atau link dari file HTML dan dijalankan secara lokal oleh web browser. Ini berarti bahwa server bebas untuk mengerjakan sesuatu yang lain daripada pemrosesan instruksi untuk setiap klien. Hal ini telah membuat JavaScript pilihan yang lebih populer daripada bahasa yang memerlukan server untuk melakukan pengolahan.

d. Script PHP.
PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum (wikipedia). PHP di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, dan sekarang dikelola oleh The PHP Group. Situs resmi PHP beralamat di http://www.php.net.

PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser (client).

Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. Sesuai dengan namanya, PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya, PHP menjelma menjadi bahasa pemrograman web yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, tetapi juga website populer yang digunakan oleh jutaan orang seperti wikipedia, wordpress, joomla, dan lain-lain.


4. Pelajari ilmu SEO dan berfokus pada cara-cara menjaring visitor blog dalam jumlah yang banyak.
Berbicara tentang SEO pastilah bersangkut paut dengan upaya-upaya untuk menempatkan blog pada peringkat tertentu di halaman pertama hasil pencarian mesin telusur (search engine). Dengan berhasil menempatkan sebuah blog atau situs pada halaman pertama hasil pencarian, maka diharapkan kita akan mampu untuk menjaring visitor dalam jumlah yang banyak.

Visitor adalah modal utama anda untuk mendapatkan penghasilan dari Internet melalui aktivitas blogging, semakin banyak pengunjung atau visitor yang datang ke blog kita, maka akan semakin membuka peluang bagi kita untuk meraih jumlah rupiah yang besar pula.

Baca pula : Strategi SEO dengan Content Marketing.


5. Mulailah monetisasi blog anda.
Monetisasi blog adalah sebuah istilah yang berkaitan dengan bagaimana menghasilkan rupiah dari hasil kepemilikan sebuah blog (aktivitas blogging), dan hal ini tidak dapat dilepaskan dari jumlah pengunjung (visitor) yang datang ke blog kita. Logikanya sangat sederhana, semakin blog kita mendapat banyak kunjungan (visitor), maka kesempatan meraih rupiah dalam jumlah yang besar akan semakin terbuka lebar.

Langkah-langkah monetisasi blog ini dapt kita tempuh dengan cara-cara berikut ini :

  • Menyediakan space iklan mandiri di blog
  • Menjadi affiliate marketing
  • Menjadi publisher google adsense
  • Menjual blog anda.

Demikianlah uraian saya tentang mendapatkan rupiah dari aktivitas blogging, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Mantap abis tutorialnya gan, bisa dicoba praktek .... trims telah berbagi

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger