Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Meraih Visitor Organik ternyata lebih berarti

Blog Info, praktek SEO (search engine optimization) pada dewasa ini sepertinya telah mengalami pergeseran yang sangat signifikan, terutama berkaitan dengan pola mendatangkan visitor (baca pengunjung) blog. Dalam artikel ini akan sedikit penulis uraikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan "Meraih Visitor Organik ternyata lebih berarti".

Visitor Organik adalah pengunjung atau visitor blog yang datang langsung dari search engine (mesin pencari). Mereka datang ke blog kita karena menemukan blog kita pada sebuah daftar halaman hasil pencarian search engine (ex. Google search) berdasarkan sebuah rangkaian kata yang mereka ketikkan pada kotak pencarian (searching). Sebenarnya visitor blog ini dapat datang dari mana saja, terkadang seorang visitor datang dari referensi backlink yang berhasil kita tanam pada beberapa blog atau situs, terkadang visitor juga datang karena mendapat informasi langsung dari mulut ke mulut (viral blog), terkadang juga datang dari berbagai situs Media Sosial, dan masih banyak cara yang lainnya. Dari sekian banyak pintu masuk para visitor tersebut, satu hal yang penting untuk kita lakukan adalah selalu mengupayakan kedatangan visitor langsung dari search engine (hasil pencarian Google), karena visitor yang demikian ini ternyata lebih berarti di mata search engine.

Semakin banyak visitor blog yang datang berkunjung lewat pintu search engine (visitor organik), maka CTR (click through rate) blog akan semakin meningkat pula di mata Google (search engine). Hal ini dapat kita analisa dengan mempergunakan Google Webmaster Tool, seperti contoh hasil di bawah ini.

Blog Info, contoh ctr
  Pada gambar tersebut terlihat hasil 194 clicks dengan Avg.CTR 4.78 %

Semakin tinggi prosentase CTR, berarti akan semakin baik kekuatan kata kunci yang terkait di dalamnya.

Banyak faktor yang harus kita benahi agar para visitor benar-benar datang dari hasil pencarian di search engine (visitor organik) sehingga dapat menaikkan prosentase avr-ctr (average click through rate), di antaranya adalah :
  1. Meningkatkan kecepatan loading atau akses blog.
  2. Melakukan pemilihan template blog yang benar dan sesuai dengan thema blog (template ringan).
  3. Tingkatkan originalitas dan kualitas konten-konten blog.
  4. Gunakan judul-judul artikel yang menarik dan memiliki nilai promosi.
  5. Upayakan prosentase pageviews blog yang tinggi.
  6. Frekwensi update artikel yang semakin sering.

Berikut ini uraian ke enam faktor tersebut secara sedikit lebih mendetil  :

1. Meningkatkan kecepatan loading atau akses blog.
Dalam hal ini perlu kita sadari bahwa tidak semua tempat di Indonesia (misalnya) dapat menikmati fasilitas jaringan internet dengan koneksi yang cepat, oleh karenanya kecepatan loading halaman blog harusnya menjadi salah satu faktor yang wajib untuk kita perhatikan bilamana ingin mendapatkan sejumlah kunjungan dari berbagai penjuru wilayah Indonesia. Sebuah blog dengan kecepatan loading yang tinggi tentunya tidak hanya disuka oleh para visitor blog, search engine dalam hal ini pun pasti akan menyukainya karena akan mempercepat proses crawling mereka (terhadap sebuah situs atau blog). Kriteria kecepatan loading blog yang memadai adalah memiliki waktu loading yang tidak lebih dari 4 sc (4 detik).

2. Melakukan pemilihan template blog yang benar (ringan) dan sesuai dengan thema blog.
Dalam hal ini saya cenderung mengatakan bahwa tidak ada template blog yang baik, yang ada adalah template blog yang benar dan sesuai dengan thema blog yang kita miliki. Semua model atau design template blog pasti dibuat untuk "sesuatu yang baik" (dari kacamata pandang design), oleh karenanya yang kita perlukan di sini adalah template blog yang benar-benar sesuai dengan thema blog yang kita usung, disamping itu kita perlu model-model template yang ringan (cepat proses loadingnya). Untuk menemukan template yang ringan ini anda dapat mempergunakan bantuan GTMetrix ataupun Google PageSpeed Insight.

3. Tingkatkan Originalitas dan Kualitas konten-konten blog.
Esensi dasar sebuah blog adalah terletak pada konten (postingan) blog, sebuah postingan blog yang original, unik dan berkualitas tentu saja secara otomatis akan mampu mengangkat eksistensi sebuah blog baik di mata pengunjung blog ataupun search engine. Konten-konten blog yang berkualitas tentunya memiliki kriteria original dan bukan hasil copy paste atau modifikasi artikel-artikel blog lain, memiliki alur atau pola bahasan yang jelas, tidak mudah aus dimakan waktu (up to date untuk waktu yang lama) dan mampu bersaing dengan jutaan artikel lainnya yang memiliki kesamaan topik bahasan. Artikel-artikel yang original dan berkualitas ini pasti akan mampu meraih posisi teratas (halaman pertama) dari sebuah daftar hasil pencarian oleh search engine. Karena pihak Google pasti akan memberikan apresiasi yang maksimal terhadap konten-konten jenis ini.

4. Gunakan judul-judul artikel yang menarik dan memiliki nilai promosi.
Sebuah judul artikel yang menarik dan unik pasti akan merangsang minat visitor blog untuk mengakses artikelnya secara keseluruhan. Oleh karenanya judul artikel yang menarik dalam hal ini merupakan pintu masuk pertama kali untuk keseluruhan isi artikel blog. Salah satu cara membuat judul artikel blog yang menarik adalah dengan melibatkan emosi calon-calon visitor blog dengan pilihan kata-kata yang bersifat menggelitik dan memiliki nilai promosi (menarik untuk di klik). Contohnya pada artikel ini, judul artikel yang biasa adalah "Cara Meraih Visitor Organik", namun untuk membuatnya menjadi lebih menarik serta mampu melibatkan emosi calon visitor, maka judulnya saya rubah menjadi "Meraih Visitor Organik ternyata lebih berarti".

5. Upayakan prosentase pageviews blog yang tinggi.
Prosentase pageviews blog dalam ini tentu saja berkaitan dengan jumlah halaman postingan blog yang diakses oleh seorang visitor blog dalam satu kali kunjungan. Artinya, seorang visitor blog yang datang berkunjung tidak hanya mengakses atau membuka satu halaman postingan blog, namun ia dengan sukarela akan mengakses halaman-halaman postingan blog yang lainnya. Dalam hal ini keberadaan fitur related-article (pada setiap akhir postingan blog) dapat menjadi solusi utama. Lebih jauh lagi dapat kita pergunakan pula widget Posting Populer atau widget posting artikel yang paling banyak mendapat komentar pengunjung. Sebuah blog dengan pageviews blog yang tinggi logikanya akan mendapat tempat yang terhormat pada daftar hasil pencarian search engine, dengan demikian ia akan memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan atau mendatangkan visitor-visitor organik karena mudah untuk ditemukan dari hasil searching.

6. Frekwensi update artikel baru yang semakin sering.
Semakin sering kita menerbitkan artikel-artikel baru akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan blog. Semakin sering muncul artikel-artikel yang baru, maka akan memberikan sinyal positif kepada mesin pencari untuk me-recrawl atau menelusuri kembali isi artikel blog. Semakin sering robot mesin pencari singgah pada sebuah blog, maka index blog di mesin pencari akan semakin banyak dan hal ini akan membuat artikel-artikel blog tersebut akan sering muncul pada hasil pencarian dengan kata kunci yang relevan. Dengan demikian kesempatan untuk meraih visitor-visitor organik menjadi semakin terbuka lebar.


Demikianlah uraian saya, bilamana ada diantara anda memiliki pandangan yang lain, silahkan untuk menuliskannya pada kotak komentar di bawah ini.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Mengenai visitor organik, saya sangat setuju gan. Saya memilih 3 visitor organik saja dibanding bnyk tp tidak diakui kualitas visitornya, heee

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger