Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Cara Gampang bertahan di SERP Google.

Info Blog, google bannerInfo Blog pada artikel kali ini ingin membahas sedikit tentang "Cara Gampang bertahan di SERP Google" yang akan mengupas tentang cara-cara bertahan di posisi halaman pertama hasil pencarian Google. Meraih sebuah posisi pada halaman pertama SERP Google ini pada dasarnya tidaklah sesulit untuk mempertahankan posisi tersebut (untuk jangka waktu yang cukup lama dan cenderung permanen). Terlebih lagi bilamana hasil daftar halaman pencarian tersebut memiliki persaingan artikel blog atau kata kunci (keyword) yang sangat ketat (dalam artian di atas 1 milyard).

Dalam artikel tentang Ambisi menjadi seorang Blogger yang sukses telah penulis uraikan tentang sikap mental yang wajib dimiliki oleh seorang blogger (dalam hal ini sebagai pengelola langsung sebuah situs atau blog). Adapun faktor-faktor sikap mental tersebut adalah : berani bermimpi besar, mencintai aktivitas blogging, memberikan yang terbaik, kemauan untuk selalu belajar, disiplin terhadap diri sendiri serta sabar dan persisten. Keenam sikap mental positif ini mutlak diperlukan sebagai senjata awal seorang blogger untuk dapat mempertahankan blog yang dimilikinya pada daftar halaman pertama sebuah hasil pencarian search engine (SERP Google).

Secara tidak langsung eksistensi sebuah situs atau blog dapat mencerminkan sikap atau pribadi pemiliknya. Sebuah situs yang dapat dikategorikan sebagai sebuah "situs sampah" dalam arti tidak terurus, ini bukan berarti situs atau blog tersebut jelek atau tidak berkualitas, namun (menurut pendapat saya pribadi) lebih terletak pada faktor-faktor "malas"-nya pemilik situs atau blog yang bersangkutan untuk sekedar mengurusinya. Bisa jadi blog tersebut dibuat dengan suatu tujuan yang tidak jelas, sehingga Sang Pemilik menjadi putus asa saat menghadapi kenyataan situs atau blog tersebut menjadi tidak berkembang. Sadarlah bahwa di dunia aktivitas blogging hampir dapat dipastikan bahwa tidak ada hasil yang bersifat "instant" seperti membalikkan sebuah telapak tangan. Semuanya harus dilalui secara merangkak, ditambah dengan memaksimalkan faktor-faktor rutinitas, sistematis, kreatif, solutif serta memaksimalkan media-media promosi.

Setelah anda berusaha memiliki ke-enam sifat mental positif tersebut di atas, maka berikut ini akan penulis sampaikan beberapa tips untuk dapat bertahan di SERP Google, diantaranya adalah  :

1. Upayakan selalu menghadirkan konten-konten yang original dan berkualitas.
Konten-konten yang original dan berkualitas merupakan syarat mutlak yang harus ada di dalam sebuah situs atau blog. Pahamilah sepenuhnya bahwa eksistensi sebuah situs atau blog adalah konten atau postingan blog (bisa juga berbentuk artikel). Tidak akan pernah ada sebuah situs atau blog tanpa adanya konten atau postingan ini. Oleh karenanya faktor originalitas serta kualitas konten blog menjadi syarat pertama untuk dapat bertahan di daftar halaman pencarian search engine.

Konten yang original dan berkualitas itu jangan terlalu diartikan secara harafiah, artinya bilamana anda ingin membahas sebuah topik yang secara kebetulan telah dibahas oleh teman-teman blogger yang lain, maka usahakan anda membahas topik yang sama tersebut dari sudut pandang atau fokus kajian yang berbeda, sehingga anda mampu melahirkan pemikiran-pemikiran baru untuk memperkaya topik yang sama. Gunakan judul-judul artikel atau postingan yang mampu merangsang atau memikat hati dan pikiran calon pengunjung blog anda, selanjutnya bahaslah topik yang sama tersebut secara lebih mendalam atau tuntas, dengan demikian artikel atau tulisan anda tersebut akan memiliki bobot yang lebih bila dibandingkan dengan yang lainnya.

2. Upayakan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.
Backlink yang berkualitas ini pada dasarnya adalah untuk memperkuat eksistensi postingan anda (bisa jadi postingan baru) di mata search engine. Sebuah postingan blog yang memiliki backlink dalam jumlah yang banyak (yang diperoleh secara natural dan alami) pasti akan membuat spider search engine (ex. Google) akan mengarahkan pandangan padanya. Artikel tersebut pastilah dianggap sebagai sebuah postingan yang berkualitas karena didukung dengan banyak backlink dari situs-situs lainnya.

Berbicara tentang backlink yang berkualitas, tentu saja backlink dari Google menempati peringkat yang pertama, kemudian disusul dengan backlink yang bersifat kontekstual-link yang terletak di dalam sebuah artikel atau postingan blog. Backlink seperti ini lazimnya diperoleh dari hasil review blog atau halaman blog dan bisa juga diperoleh dari hasil penulisan thread-thread di berbagai forum media sosial. Peringkat selanjutnya adalah backlink yang diperoleh dari hasil meninggalkan komentar dari aktivitas blogwalking yang kita lakukan secara rutin dan ter-target.

3. Upayakan untuk selalu melakukan aktivitas promosi blog.
Aktivitas promosi blog ini wajib dilakukan untuk tujuan mem-populerkan keberadaan sebuah situs atau blog berikut dengan postingan-postingan yang ada di dalamnya. Banyak media-media sosial yang dapat kita manfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi ini diantaranya Google Plus, Twitter dan Facebook Fanspage. Situs-situs media sosial tersebut hingga saat ini masih terbukti ampuh untuk memberikan dukungan dengan hasil yang cukup signifikan bagi keberadaan sebuah situs atau blog.

Satu hal yang wajib diperhatikan adalah saat proses aktivitas promosi blog ini lakukanlah dengan sistem yang ter-target, artinya promosikan blog anda 90% hanya ke situs-situs media sosial yang memiliki kesamaan atau kemiripan topik bahasan dengan blog anda. Jangan ber-promosi ke tempat-tempat yang mubazir, contohnya : blog anda adalah sebuah blog pribadi yang lebih banyak berisi tentang tutorial blog, kemudian anda promosikan ke situs-situs berjualan online yang mayoritas mengetengahkan promosi produk-produk tertentu.


Dengan memaksimalkan ketiga faktor tersebut di atas, dan ditunjang dengan faktor optimasi SEO dan peningkatan kecepatan loading situs atau blog anda, saya yakin blog anda pasti akan dapat bertahan di SERP Google untuk jangka waktu yang cukup lama dan cenderung permanen. Semoga.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Bertahan di SERP Google itu memang rada sulit ...., bagiku untuk dapat bertahan itu harus mengupayakan perolehan backlink yang berkualitas serta diversifikasi backlink ....

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger