Selamat Datang Di "Responsive Info Blog"
Terima kasih atas kunjungan Anda di Responsive Info Blog,
semoga apa yang saya share di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat.

Cara Sederhana Meningkatkan Reputasi Blog

Info Blog, brand bannerInfo Blog, pada kesempatan update artikel kali ini ingin sedikit membahas perihal "Cara Sederhana Meningkatkan Reputasi Blog" di Internet. Cara ini tergolong sederhana karena tidak terlalu membutuhkan praktek-praktek yang tehnis sifatnya, di samping itu cara-cara yang akan saya bahas ini sangat mudah untuk dilakukan, baik oleh blogger pemula (seperti saya) sekalipun.

Meningkatkan reputasi blog ini dapat kita samakan dengan meningkatkan "brand" sebuah blog, baik di mata search engine maupun di mata pengunjung blog, dengan tujuan atau sasaran meningkatkan popularita blog di dunia internet.
Berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat kita terapkan dengan mudah, diantaranya adalah  :

1. Pemakaian Template yang Responsive dan ergonomis.
Responsive Template pada dasarnya merupakan tuntutan dari berlakunya algoritma Google MobileGeddon yang berlakunya sejak tanggal 21 April 2015 lalu. Namun ada beberapa hal yang sepatutnya kita perhatikan dalam memilih serta menggunakan model responsive template ini, yaitu masalah yang berkaitan dengan "structured data". Oleh karenanya, sebelum menentukan pilihan template yang akan kita pergunakan sebaiknya kita analisa template tersebut terlebih dahulu dengan mempergunakan Webmaster Google dan Google Rich Snippets.

Tampilan template blog tidak hanya harus bagus, namun juga membutuhkan sebuah "flow yang ergonomis" (meminjam istilah mastah blogger), artinya template tersebut harus mampu memberikan pola akses yang mudah serta tidak membingungkan pengunjung dalam rangka mencari informasi.

2. Sampaikan Informasi secara Ringkas dan Padat.
Penyampaian informasi dengan tulisan memang merupakan cara yang tepat untuk dipergunakan dalam sebuah postingan blog, namun perlu kiranya kita perhatikan satu hal penting yaitu : Jangan membahas sesuatu hal secara bertele-tele dan berputar-putar. Bahasan yang bagus adalah berupa informasi tentang sesuatu hal yang ringkas dan padat. Selanjutnya postingan blog tersebut akan menjadi lebih baik bilamana kita sajikan pulan informasi visual di dalamnya, yang dalam hal ini dapat berupa gambar-gambar postingan blog maupun video yang mampu menjelaskan postingan terkait.

3. Pergunakan Navigasi Blog yang Simple dan Mudah diakses.
Pemakaian Navigasi Blog pada dasarnya merupakan fitur layanan blog yang mampu meningkatkan akses keseluruhan isi blog. Namun hendaknya diperhatikan bahwa fitur Navigasi Blog ini jangan terlalu rumit, simple saja dan mudah untuk diakses (mudah dimengerti oleh pengunjung blog). Pastikan letak Navigasi Blog ini mudah terlihat oleh pengunjung blog dan tidak perlu mempergunakan bahasa atau istilah yang sulit dimengerti.

4. Singkirkan fitur-fitur yang mengganggu.
Beberapa fitur autoplay seperti pemasangan musik di blog, flash banner ataupun tata letak iklan yang mengganggu terkadang bisa membuat pengunjung blog merasa jengah dan menutup blog kita serta berpindah mengakses yang lainnya. Bilamana hal ini terjadi pada blog kita, sungguh merupakan sebuah kerugian yang tidak dapat dibayangkan dampaknya. Bisa jadi blog akan sepi pengunjung sehingga berdampak kehilangan traffik. Oleh karenanya singkirkan saja fitur-fitur blog yang mengganggu tersebut.

Baca juga artikel tentang : Sistem Cara Kerja Google Search Engine.

5. Manfaatkan Situs-situs Media Sosial.
Situs-situs Media Sosial ini pada dasarnya kita manfaatkan dalam rangka promosi blog maupun postingan blog. Dalam kasus tertentu situs-situs ini mampu mengangkat kredibilitas blog, serta mampu meningkatkan popularitas blog secara maksimal bilamana kita dapat memanfaatkannya secara baik dan wajar (tidak terlalu berlebihan). Satu situs Media Sosial yang tidak dapat kita tinggalkan begitu saja adalah media Google Plus.

6. Dapatkan Backlink yang berkualitas.
Mencari serta mendapatkan backlink yang berkualitas ini merupakan sebuah langkah wajib untuk meningkatkan reputasi blog. Backlink yang berkualitas ini dapat kita peroleh dengan sharing artikel di berbagai media sosial yang terkenal terutama Google. Backlink yang berikutnya dan tidak kalah kualitasnya adalah memanfaatkan media Review Blog (oleh blog-blog yang memiliki reputasi bagus) dan yang terakhir bisa kita dapatkan dengan pola meninggalkan komentar saat melakukan aktivitas blogwalking.

7. Jangan menyebarkan berita bohong.
Agar blog memiliki reputasi yang baik di mata pengunjung blog, satu hal yang harus selalu kita perhatikan adalah jangan sekali-kali menyebarkan berita bohong yang belum tentu kebenarannya dan cenderung menjerumuskan pengunjung blog. Jika anda ingin menuliskan artikel yang bersifat pemberitaan tentang sesuatu hal, cek dahulu kebenaran berita tersebut, setelah anda yakin akan kebenarannya barulah anda tuliskan berita tersebut.


Dengan memaksimalkan ke tujuh langkah sederhana tersebut di atas, kita telah dapat meningkatkan reputasi blog dengan hasil yang cukup signifikan. Dalam hal ini penulis telah mempraktekkannya, alhasil Info Blog ini telah berhasil menempati salah satu posisi di halaman pertama sebuah daftar hasil pencarian search engine (yang ketat persaingannya) dengan menggunakan dua kata kunci yang berbeda. Sebuah hasil yang sangat maksimal, mengingat blog ini baru seumur jagung.

Enter your email address to get update from Responsive Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Mlm gan thanks postingannya, setiap postingan agan sangat membantu infonya untuk pemula seperti ane gan... Salam sukses... gan

Balas

Silahkan meninggalkan komentar, jangan melakukan spam dengan modus Anonim komentar atau meninggalkan link aktif pada komentar anda ......
Jangan meninggalkan komentar yang berbau Sara maupun Pornografi.
Jadilah blogger yang bermartabat.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Responsive Info Blog - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger